Direktorat Humas Unesa Latih Kemampuan Menulis Guru Labschool
Direktorat Humas Unesa Latih Kemampuan Menulis Guru Labschool. ????Direktorat Humas dan Informasi Publik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan pelatihan penulisan artikel populer kepada para guru Labschool Unesa. -- Ikuti kami di ????https://bit.ly/392voLE #beritaviral #jawatimur #viral berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI #fyp
Surabaya (beritajatim.com) – Direktorat Humas dan Informasi Publik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan pelatihan penulisan artikel populer kepada para guru Labschool Unesa.
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis para guru, agar karya tulis mereka tidak hanya dibaca di lingkungan sekolah, tetapi juga dapat dipublikasikan di media massa.
Direktur Humas dan Informasi Publik Unesa Vinda Maya Setianingrum mengatakan, menulis adalah keterampilan penting bagi guru, karena dapat memperkuat kompetensi dan berkontribusi pada literasi serta proses pendidikan itu sendiri.
Menurut Vinda, menulis memberi kesempatan bagi guru untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan masyarakat luas, termasuk menyampaikan ide, metode pembelajaran, atau refleksi terhadap isu-isu pendidikan seperti kekerasan dan bullying.
Menulis, lanjut dia, juga dapat memperkuat hubungan antara teori dan praktik dalam pendidikan, serta meningkatkan citra profesional guru dan membuka peluang karier.
“Proses menulis membantu guru merefleksikan praktik pembelajaran, meningkatkan kreativitas, dan mengasah kemampuan komunikasi. Sehingga, guru tidak hanya mencerdaskan generasi muda di kelas, tetapi juga memberikan kontribusi di masyarakat,” katanya, Rabu (20/11/2024).
Pelatihan ini terdiri dari dua tahap. Pertama, penyampaian materi tentang cara mencari ide kreatif dan menulis populer ala jurnalistik, yang disampaikan oleh Basyir Aidi, Redaktur Majalah Unesa.
Kedua, sesi praktek menulis yang didampingi oleh Vinda Maya Setianingrum dan beberapa dosen ilmu komunikasi serta desain komunikasi visual Unesa. Basyir Aidi dan sejumlah jurnalis dari kalangan mahasiswa juga turut mendampingi para peserta.
Setelah mendapatkan materi, para guru langsung menulis artikel yang rencananya akan dipublikasikan di media massa. Pelatihan ini mendapat sambutan positif dari para peserta, yang berharap agar kegiatan serupa terus diadakan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang pengajaran. [ipl/kun]