Lewat Ceisa 4.0, Bea Cukai komitmen memperbaiki layanan kepabeanan

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan kepabeanan, ...

Lewat Ceisa 4.0, Bea Cukai komitmen memperbaiki layanan kepabeanan
Pengembangan Ceisa 4.0 merupakan perwujudan salah satu strategi pelayanan Bea Cukai dalam memfasilitasi perdagangan dan industri...

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan kepabeanan, salah satunya melalui pengembangan layanan digital Ceisa 4.0.

“Pengembangan Ceisa 4.0 merupakan perwujudan salah satu strategi pelayanan Bea Cukai dalam memfasilitasi perdagangan dan industri, yaitu perbaikan proses bisnis ekspor, impor, dan layanan pemeriksaan,” kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Budi Prasetiyo, dikutip di Jakarta, Kamis.

Pengembangan Ceisa 4.0 terdiri dari tiga strategi. Pertama, menjaga keandalan sistem, yaitu dengan pemutakhiran arsitektur dan quality control, perbaikan bug dari optimalisasi sistem, dan monitoring room melalui command center.

Kedua, digitalisasi dan modernisasi proses bisnis melalui revenue forecasting analytics untuk mendukung penerimaan; optimalisasi pengawasan dengan profiling, smart targetting, passenger risk management (PRM), dan lainnya; serta pengembangan fraud detection dan hit rate, dan optimalisasi sistem pendukung.

Ketiga, pencegahan, perbaikan, dan penguatan keamanan informasi.

Menurut Budi, pengembangan itu membuat tingkat downtime Ceisa mengalami penurunan.

Kecepatan waktu sistem merespons juga mengalami percepatan, yang semula 6 detik menjadi 18,8 milidetik.

Ceisa juga berperan penting dalam revenue forecasting analytics dan joint proses bisnis teknologi informasi untuk mendukung penerimaan negara.

Selain itu, Ceisa pun berperan dalam mengoptimalkan kegiatan operasional dan layanan. Bahkan, dapat mengurangi risiko adanya intervensi pengguna jasa dalam pelayanan kepabeanan.

Budi juga menegaskan Bea Cukai akan terus menunjukkan komitmen yang kuat dalam menciptakan layanan kepabeanan dan logistik yang terintegrasi, modern, dan efisien melalui transformasi digital.

“Perbaikan layanan kepabeanan akan selalu kami upayakan demi peningkatan daya saing Indonesia di pasar global,” ujar Budi.

Baca juga:

Baca juga:

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2025