Dorong Pertumbuhan UKM Indonesia, Bank Mandiri Gelar Puncak Wirausaha Muda Mandiri 2024
Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan minat wirausaha dan mendorong pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan minat wirausaha dan mendorong pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.
Komitmen ini ditunjukkan melalui penyelenggaraan kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2024 yang sudah digelar pada kuartal IV 2024. Ajang kompetisi dan pembekalan wirausaha terbesar di Indonesia ini pun kembali mencetak kampiun baru dari berbagai bidang usaha.
Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, menyampaikan rasa bangganya terhadap penyelenggaraan kompetisi ini. Menurutnya, WMM menjadi salah satu program unggulan Bank Mandiri dalam menumbuhkan ekosistem kewirausahaan di Indonesia.
“Melalui program ini, kami terus berkomitmen mendukung pengembangan bisnis kreatif dan inovasi oleh generasi muda,” ujar Darmawan dalam sambutannya di Jakarta (17/11).
Kompetisi WMM 2024 berlangsung selama enam hari penuh, dari tanggal 12 hingga 17 Januari 2025, di Jakarta. Seluruh finalis WMM 2024 yang terpilih dari seluruh Indonesia mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari Welcoming Dinner hingga Bootcamp yang diadakan di Nawasena Mandiri University pada 13-14 Januari 2025. Selama Bootcamp, peserta mendapatkan pembekalan dari para ahli industri dan mentor ternama, seperti founder startup sukses serta analis investasi.
Selain itu, pada 15 Januari 2025, para finalis WMM 2024 mendapat kesempatan istimewa untuk memperdalam wawasan bisnis dengan mengunjungi kantor pusat dua perusahaan ternama, Buttonscarves dan Paxel.
Di Buttonscarves, diskusi difokuskan pada strategi mengelola peluang dan menciptakan bisnis yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan pasar. Sementara itu, di Paxel, para finalis mendapatkan wawasan tentang membangun karakter pemimpin yang inspiratif, yang menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam memimpin usaha.
Tidak hanya itu, program WMM juga menghadirkan sesi business matchmaking bertajuk speed dating yang dirancang untuk membuka akses ke jaringan investasi. Sebanyak lebih dari 15 investor potensial hadir untuk mendengarkan presentasi bisnis para finalis, dengan setiap finalis diberi waktu 15 menit untuk memaparkan visi, misi, dan potensi usaha mereka. Sesi ini diharapkan mampu mempertemukan ide-ide segar dari wirausaha muda dengan dukungan finansial yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis mereka secara berkelanjutan.
Spesial dalam acara puncak di 17 Januari 2025, para finalis akan mempresentasikan bisnis mereka di depan dewan juri dalam sesi penjurian intensif. Juri-juri kompetisi terdiri dari berbagai tokoh penting, antara lain Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, General Manager of Exsport Angel Lukito, Executive Director of Vertex Ventures Joshua Agusta, dan Brand Owner Sada Hybrid Beauty Cathy Sharon.
Adapun, kompetisi WMM 2024 yang kini memasuki tahun ke-17 terbagi ke dalam empat kategori utama, yakni Beauty & Wellness, Fashion, Food & Beverages, dan Tech & Tech-Enabled Startups. Melalui proses penjurian yang ketat, WMM 2024 berhasil mengumumkan empat pemenang terbaik masing-masing kategori.
Kategori Beauty and Wellness: Alt Perfumery
Alt Perfumery adalah representasi dari visi besar Edwin Surya Yahya dalam membangun brand produk parfum lokal yang mampu bersaing di kancah internasional. Dengan fokus pada inovasi dan kualitas, Alt Perfumery menghadirkan rangkaian produk parfum yang tidak hanya mencerminkan keindahan dan keunikan Indonesia tetapi juga memenuhi standar global. Merek ini menjadi pelopor dalam memperkenalkan parfum lokal berkualitas tinggi sebagai simbol kebanggaan nasional yang siap meraih pangsa pasar mancanegara.
Kategori Fashion: Nutana
NUTANA, di bawah kepemimpinan Nafisah Ratanti Wulandari, membawa konsep "Effortless Jewelry" yang revolusioner ke dunia perhiasan. Dengan memanfaatkan berlian buatan laboratorium yang etis dan ramah lingkungan, NUTANA menciptakan perhiasan yang terjangkau, nyaman dipakai sehari-hari, dan memiliki daya tahan tinggi. Melalui gerakan #DiamondsForEveryone, NUTANA tak hanya mengubah cara pandang terhadap perhiasan berlian, tetapi juga mendukung keberlanjutan dan inklusivitas dalam industri perhiasan modern.