Inovasi 3D Holo-Learning di UM, Permudah Mahasiswa Pelajari Genetika dengan Teknologi Hologram

Inovasi 3D Holo-Learning di UM, Permudah Mahasiswa Pelajari Genetika dengan Teknologi Hologram. ????Universitas Negeri Malang hadirkan inovasi 3D Holo-Learning, pembelajaran berbasis hologram yang mempermudah mahasiswa memahami genetika melalui visualisasi DNA interaktif. -- Ikuti kami di ????https://bit.ly/392voLE #beritaviral #jawatimur #viral berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI #fyp

Inovasi 3D Holo-Learning di UM, Permudah Mahasiswa Pelajari Genetika dengan Teknologi Hologram

Malang (beritajatim.com) – Universitas Negeri Malang (UM) menghadirkan inovasi 3D Holo-Learning, metode pembelajaran berbasis hologram untuk memudahkan mahasiswa memahami genetika melalui visualisasi DNA tiga dimensi. Teknologi ini memanfaatkan hologram untuk menyajikan konsep genetika dengan lebih jelas, menarik, dan interaktif.

Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., yang merupakan dosen UM sekaligus ketua proyek 3D Holo-Learning, mengatakan bahwa teknologi ini membantu mahasiswa memvisualisasikan konsep-konsep genetika yang sering kali sulit dipahami.

“Dengan hologram 3D, struktur DNA, proses transkripsi, dan replikasi dapat divisualisasikan secara jelas dan menarik, sehingga mahasiswa lebih mudah memahami materi,” jelasnya, Jumat (15/11/2024).

Teknologi ini memberi pengalaman belajar yang imersif, di mana mahasiswa bisa melihat simulasi DNA secara langsung dan berinteraksi dengan objek-objek tersebut. Penggunaan metode ini juga menciptakan pembelajaran yang praktis, aman, dan ramah lingkungan karena tidak memerlukan sampel biologis.

Inovasi Holo-Learning ini juga sejalan dengan kebutuhan era Society 5.0, di mana literasi digital dan kompetensi dalam bidang sains semakin penting. UM bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta keterampilan digital mahasiswa dengan menggabungkan teori dan teknologi visual yang mendalam.

Prof. Siti menekankan bahwa literasi digital menjadi aspek penting di era ini, terutama bagi generasi muda. UM berharap pendekatan ini tidak hanya menjadikan mahasiswa lebih cerdas, tetapi juga kreatif dan siap bersaing di era digital.

Teknologi hologram dalam pendidikan diharapkan terus berkembang sebagai langkah awal untuk meningkatkan kualitas literasi digital mahasiswa dan mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua.

Inisiatif ini juga mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4: Pendidikan Berkualitas, dengan memberikan akses pendidikan yang inklusif dan mendalam bagi semua. (dan/ian)