Mendag sebut inovasi desain kunci peningkatan nilai jual

Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengatakan bahwa inovasi desain produk merupakan salah satu strategi ekspor ...

Mendag sebut inovasi desain kunci peningkatan nilai jual
Kita harus tunjukkan bahwa produk kita memiliki desain yang bagus dan membawa ciri khas Indonesia, sehingga diterima di pasar global.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengatakan bahwa inovasi desain produk merupakan salah satu strategi ekspor untuk meningkatkan nilai jual agar diterima di pasar global.

Hal itu disampaikan Mendag saat menyerahkan penghargaan kepada 34 produk yang menjadi pemenang ajang Good Design Indonesia (GDI) 2024, di Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu.

Menurut Mendag, sebuah desain dapat menunjukkan ciri khas asal produk.

"Desain pada produk adalah bagian dari strategi ekspor berorientasi resource-based, dan konsep hilirisasi juga harus ada di desain. Artinya, kita harus tunjukkan bahwa produk kita memiliki desain yang bagus dan membawa ciri khas Indonesia, sehingga diterima di pasar global,” kata Budi.

Mendag mengatakan, inovasi desain menjadi kunci menggaet konsumen internasional. Ia mendorong para pengembang produk untuk meningkatkan kualitas produk dan bersaing di ajang inovasi desain seperti GDI untuk membuka peluang ekspor yang lebih luas.

"Selain itu, desain produk yang baik akan mendukung usaha Kementerian Perdagangan memperluas pasar tujuan ekspor," ujarnya.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyerahkan penghargaan kepada 34 produk yang menjadi pemenang ajang Good Design Indonesia (GDI) 2024.

Dari 34 produk tersebut, 24 produk mendapatkan predikat Good Design dan 10 produk mendapatkan predikat Best Design. Selain itu, salah satu produk, yaitu M-Tex dari PT Kurva Lonceng Khatulistiwa, dinobatkan sebagai Design of the Year GDI 2024.

Penghargaan GDI diberikan kepada produk-produk yang telah berinovasi dari segi desain, sehingga meningkatkan nilai jualnya.

GDI 2024 mengusung tema "Good Design, Good Impact" dengan subtema "Circular Design". Tema tersebut dipilih untuk menyoroti pentingnya keberlanjutan dalam inovasi desain. GDI 2024 diikuti 416 produk sebagai peserta dan terbagi dalam 14 kategori

Pada kesempatan yang sama, Mendag Budi juga meluncurkan GDI 2025, yang mengusung subtema "Sustainability & Adaptive Design". GDI 2025 mengajak desainer Indonesia untuk menciptakan produk yang inovatif, adaptif terhadap perubahan, dan berkelanjutan.

Mendag optimistis desain Indonesia akan terus berkembang, membawa nama bangsa ke kancah internasional, dan menjadi katalisator pertumbuhan produk kreatif yang berkelanjutan.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Fajarini Puntodewi mengatakan, GDI adalah wadah penting untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

"Produk-produk pemenang GDI tidak hanya mencerminkan kreativitas dan inovasi bangsa, tetapi juga menunjukkan bahwa Indonesia mampu bersaing di tingkat internasional dengan pendekatan desain yang berkelanjutan dan adaptif," kata Puntodewi.

Baca juga:

Baca juga:

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2025