Tiga Tol Regional Jasa Marga Ini Diprediksi Ramai di Libur Panjang Akhir Januari
Libur panjang ini bertepatan dengan peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah dan Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili, yang berlangsung pada 24 Januari hingga 2 Februari 2025.
TEMPO.CO, Jakarta - PT Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) memperkirakan adanya lonjakan volume lalu lintas di tiga ruas tol Regional Nusantara selama libur panjang akhir Januari 2025. Libur panjang ini bertepatan dengan peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah dan Tahun Baru Imlek 2576 Kongzili, yang berlangsung pada 24 Januari hingga 2 Februari 2025.
Tiga ruas tol yang diproyeksikan mengalami peningkatan volume lalu lintas adalah Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), dan Tol Bali Mandara.
Jasamarga berkomitmen untuk mengoptimalkan pelayanan untuk mendukung kelancaran perjalanan masyarakat, sejalan dengan Program Asta Cita Pemerintah dalam mendorong yang memperkuat konektivitas wilayah.
Ruas Tol MKTT (Sumatera Utara)
Volume lalu lintas di ruas ini diperkirakan mencapai 158.778 kendaraan, meningkat 8,24 persen dari volume normal. (GT) Kualanamu diproyeksikan melayani 48.626 kendaraan, naik 19,69 persen dari rata-rata harian normal. Tol MKTT menjadi penghubung strategis antara Bandara Internasional Kualanamu dan sejumlah wilayah di Sumatera Utara.
Ruas Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam)
Selama periode libur panjang, 132.416 kendaraan diprediksi melintasi ruas tol sepanjang 97,27 km ini, meningkat 14,53 persen dari volume normal. Jalan Tol Balsam mempersingkat waktu tempuh antara Balikpapan dan Samarinda dari 180–240 menit menjadi hanya 90–120 menit.
Sebanyak 518.987 kendaraan diperkirakan akan melintasi tol yang menghubungkan Nusa Dua, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dan Benoa. Volume lalu lintas ini meningkat 2,36 persen dibandingkan rata-rata harian normal, menjadikan Tol Bali Mandara sebagai tulang punggung pariwisata Pulau Dewata.
Dalam menghadapi libur panjang pada akhir bulan Januari ini, Jasamarga mengoptimalkan pelayanan bidang transaksi, lalu lintas, preservasi, rest area dan informasi untuk mendukung kelancaran pengguna jalan selama melakukan perjalanan di jalan tol yang dikelola oleh kelompok usaha Jasa Marga.
Untuk mewujudkan pengalaman berkendara yang aman, lancar dan nyaman, Jasamarga mengimbau pengguna jalan tol untuk memastikan kecukupan saldo kartu uang elektronik, memastikan kelayakan kendaraan dan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelum memasuki jalan tol.