Pemkab Bojonegoro Tingkatkan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi SuKma e Jatim

Reporter : Lina Nur Hidayah SuaraBojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro terus meningkatkan pelayanan The post Pemkab Bojonegoro Tingkatkan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi SuKma e Jatim appeared first on SuaraBojonegoro.com.

Pemkab Bojonegoro Tingkatkan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi SuKma e Jatim

Reporter : Lina Nur Hidayah

SuaraBojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terbaru, Pemkab melakukan penandatanganan kerja sama atau Memorandum Of Understanding (MoU) penerapan pelayanan publik melalui aplikasi survei kepuasan masyarakat elektronik (SuKma e Jatim) bersama Biro Organisasi Jawa Timur. Penandatanganan dilakukan di ruang Angling Dharma gedung Pemkab Bojonegoro, Kamis (23/01/2025).

Hadir dalam penandatanganan MoU tersebut Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, Plh Sekretaris Daerah Bojonegoro Djoko Lukito, Asisten Daerah, Staf Ahli, Kepala OPD serta Camat.

Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menyampaikan bahwa seharusnya capaian kinerja pemerintah itu dapat melibatkan nilai kepuasan masyarakat. Dengan memanfaatkan penerapan aplikasi SuKMa e Jatim ini, seluruh unit pelayanan publik di perangkat daerah dapat dinilai secara langsung oleh masyarakat.

“Saran dan masukan dari masyarakat tersebut menjadi bahan evaluasi kita sebagai pemberi pelayanan,” tuturnya.

Lebih lanjut Pj Bupati Adriyanto berharap melalui aplikasi SuKMa e Jatim mampu memberikan layanan yang cepat, efisien dan efektif sesuai yang diinginkan masyarakat. “Sehingga kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bojonegoro semakin meningkat seiring meningkatnya nilai atau indeks kepuasan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur Budi Raharjo mengatakan bahwa mewujudkan pelayanan publik memang tidak mudah. Perlu upaya yang berkelanjutan dan transformasi berbasis sistem dan juga cara berpikir dan budaya.

Dengan adanya transformasi teknologi mau tidak mau harus bisa fleksibel dalam memberikan pelayanan publik. Karena hal ini merupakan representasi langsung wajah pelayanan publik pada masyarakat. Survei Kepuasan Masyarakat merupakan alat yang diharapkan mampu mengetahui tingkat kepuasan dan mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara. Juga mendorong penyelenggara untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan pengembangan melalui inovasi-inovasi pelayanan.

“Aplikasi SuKMa e Jatim hadir ditujukan mendokumentasikan dan mengevaluasi tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan fasilitas publik serta mendorong penyedia layanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik,” tuturnya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Bagian Organisasi Bojonegoro Dian Rokhmawati Ikhtiyorini menambahkan terkait penilaian survei kepuasan masyarakat di Kabupaten Bojonegoro mengalami peningkatan dari tahun 2022 sampai 2024. “Yaitu dari kategori baik menjadi sangat baik,” imbuhnya. (Lin/Lis)