Instagram Punya Format Baru: Grid Profil Bukan Persegi Lagi
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aplikasi media sosial Instagram melakukan pembaruan cukup signifikan pada tampilan profil pengguna. Grid profil Instagram kini menampilkan konten dalam persegi panjang (4:5) bukan lagi persegi (1:1) seperti biasanya. Perubahan...
Logo Instagram. Grid profil Instagram kini menampilkan konten dalam persegi panjang (4:5) bukan lagi persegi (1:1) seperti biasanya.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aplikasi media sosial melakukan pembaruan cukup signifikan pada tampilan profil pengguna. Grid kini menampilkan konten dalam persegi panjang (4:5) bukan lagi persegi (1:1) seperti biasanya.
Perubahan ini diumumkan langsung oleh Instagram Chief, Adam Mosseri, melalui unggahan di Instagram Story pada Jumat (17/1/2025). Setelah pembaruan ini, kata Mosseri, konten yang diunggah ke Instagram baik foto ataupun video akan berbentuk vertikal.
“Saya tahu banyak dari kalian yang suka dengan foto persegi. Memang, foto persegi adalah bagian dari warisan Instagram. Namun saat ini, mayoritas unggahan adalah vertikal. Oleh karena itu, memotongnya menjadi persegi akan terasa sangat mengganggu,” kata Mosseri seperti dilansir laman The Verge, Ahad (19/1/2025).
Meskipun Mosseri mengakui perubahan ini mungkin terasa mengganggu bagi sebagian pengguna, namun dia meyakini perubahan tersebut adalah langkah yang positif. “Saya rasa dalam jangka panjang, orang-orang akan lebih senang karena lebih banyak foto dan video yang bisa terlihat sesuai dengan aslinya, tanpa harus dipotong secara berlebihan,” kata dia.
Instagram sebetulnya sudah memiliki rencana ini sejak tahun 2022. Kala itu, seorang leaker Alessandro Paluzzi mengisyaratkan bahwa aplikasi tersebut hendak melakukan perubahan besar.
Baru pada Agustus 2024, platform ini secara resmi mulai melakukan uji coba grid persegi panjang pada sejumlah pengguna. Dan kini, pembaruan mulai diterapkan secara luas pada awal tahun 2025.
Selain perubahan grid profil, Instagram juga mengumumkan fitur baru di feed Reels, di mana pengguna dapat melihat video yang disukai oleh teman-teman mereka. Instagram bukan satu-satunya platform yang selalu melakukan pembaruan. Setiap aplikasi media sosial berlomba-lomba untuk tetap relevan. Dengan munculnya short video dan menurunnya rentang perhatian, platform terus bereksperimen untuk membuat pengguna tetap terlibat.