CEO Sociolla Sebut Pendapatan Perusahaan Naik 50% pada Kuartal I 2024
Sociolla mencatat peningkatan pendapatan 50% year on year dan mencapai profit pada kuartal pertama 2024, tetap optimis meski banyak brand lokal menutup operasi.
Sociolla tetap optimistis terhadap pertumbuhan kecantikan di masa mendatang, meskipun banyak merek lokal yang mengalami penutupan. Perusahaan juga berhasil mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 50% year on year (yoy) pada kuartal I 2024.
“Kalau bicara tren, dengan banyaknya merek yang masuk dan merek lokal yang ada, saya rasa pertumbuhan akan konsisten. Selalu di angka 80% setiap tahun,” ujar Co-Founder & CEO Sociolla, Christopher Madiam, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (23/1).
Menurut Christopher, masih banyak potensi yang dapat digali di industri Indonesia. Salah satu contohnya adalah pertumbuhan pesat industri parfum lokal, yang mampu menggeser dominasi parfum internasional di kalangan masyarakat. Berdasarkan data Sociolla, sektor parfum mencatatkan pertumbuhan sebesar 400%–500% per tahun.
Sebagai perusahaan teknologi, Christopher menegaskan bahwa Sociolla tidak menjadikan gimik sebagai prioritas dalam pengembangan bisnis. Sociolla lebih fokus mendekatkan konsumen ke produk secara langsung daripada menghadirkan teknologi virtual.
"Kami percaya bahwa konsumen akan lebih senang bila bisa memegang lipstik secara langsung daripada memakai teknologi VR untuk mencoba lipstik secara virtual," ujarnya.
Pengalaman Belanja Secara Daring dan Luring
Fokus utama Sociolla adalah memberikan pengalaman berbelanja yang seragam, baik secara daring maupun luring. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menetapkan harga yang sama di situs web dan toko fisik Sociolla.
Selain itu, perusahaan juga mengutamakan pengalaman konsumen dengan menyediakan beauty assistant di toko untuk menjawab pertanyaan pelanggan terkait produk.
“Keterbatasan informasi sering menjadi masalah dalam pembelian langsung di toko. Karena itu, kami menghadirkan beauty assistant untuk membantu pelanggan memahami produk yang ada,” kata Christopher.
Sementara itu, laman daring Sociolla dilengkapi dengan fitur ulasan produk yang dirancang untuk memudahkan konsumen. Fitur ini memungkinkan konsumen menyortir ulasan berdasarkan jenis kulit dan warna kulit, sehingga mereka dapat membuat keputusan pembelian yang lebih tepat.