Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 252 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Makna Puisi
Berikut kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 252 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Makna Puisi.
TRIBUNNEWS.COM - Berikut kelas 10 halaman 252 Edisi Revisi.
Pada soal kelas 10 halaman 252 Edisi Revisi, siswa diminta untuk menuliskan makna puisi “Gadis Peminta-minta".
Sebelum melihat kelas 10 halaman 252 , siswa diharapkan dapat mengerjakan soal secara mandiri.
Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan kelas 10 halaman 252 .
Setelah membaca dengan saksama puisi “Gadis Peminta-Minta” karya Toto S. Bachtiar di atas, bentuklah kelompok yang terdiri atas 4-5 orang. Diskusikanlah makna puisi tersebut. Selanjutnya, masing-masing kelompok menyusun sebuah presentasi hasil diskusi. Presentasi mencakup beberapa hal berikut!
1. Perasaan yang ingin diungkapkan penyair
Jawaban: Puisi “Gadis Peminta-minta” karya Toto S. Bachtiar mengungkapkan perasaan penyair yang sedih, haru, iba, dan empati terhadap seorang gadis kecil yang menjadi pengemis di kota.
Penyair merasa sedih melihat gadis kecil yang hidup dalam kemiskinan dan keterbatasan, tetapi tetap tersenyum dan bermimpi tentang dunia yang lebih indah.
Penyair juga merasa haru dan iba melihat gadis kecil yang memiliki jiwa yang murni dan tidak kenal duka, tetapi tidak dapat membagi dukanya dengan siapa pun.
Penyair juga merasa empati terhadap gadis kecil yang hidup di tengah-tengah keriuhan kota yang tidak memiliki jiwa dan tidak peduli dengan nasibnya.
Penyair berharap gadis kecil itu dapat hidup lebih baik dan bahagia, tetapi juga menyadari bahwa kematian mungkin menjadi akhir dari semua penderitaannya.
2. Nada dan suasana yang terkandung
Baca juga:
Jawaban: Puisi “Gadis Peminta-minta” karya Toto S. Bachtiar memiliki nada sedih dan suasana pilu yang menggambarkan kehidupan seorang gadis kecil yang menjadi pengemis di kota.
Penyair menggunakan kata-kata yang menggambarkan kemiskinan, kesepian, ketidakberdayaan, dan kematian yang dialami oleh gadis kecil tersebut.