Strategi Industri Farmasi Dongkrak Pendapatan, Fokus Garap Sektor Consumer Health

PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) yang bergerak di industri farmasi menyatakan akan fokus pada garapan di sektor consumer health dan kecantikan. 

Strategi Industri Farmasi Dongkrak Pendapatan, Fokus Garap Sektor Consumer Health

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Merespons dinamika pasar yang sangat cepat, PT Tbk (PYFA) yang bergerak di menyatakan akan fokus pada garapan di sektor consumer health dan kecantikan. 

Strategi itu dinyatakan sebagai upaya mendongkrak pendapatan perseroan pada 2025.

Chief Commercial Officer PYFA, Antes Eko Prasetio, menegaskan bahwa perusahaan harus beradaptasi dengan cepat terhadap dinamika pasar. 

Baca juga:

Dia menjelaskan, setelah sukses di sektor obat resep, pihaknya kini berupaya meningkatkan pendapatan dengan fokus pada sektor consumer health dan kecantikan, merujuk pada sejumlah hal.

Berdasarkan data Statistics Indonesia dan Permara Institute for Economic Research, tren kesehatan di sektor consumer health terus meningkat sejak pandemi Covid-19. Masyarakat semakin fokus pada pengobatan pencegahan. 

Sementara itu, sektor kecantikan juga menunjukkan pertumbuhan positif. Kementerian Kesehatan sebelumnya menyatakan bahwa industri kosmetik nasional mencatat pendapatan US$ 8,09 miliar pada 2023 dan diproyeksikan meningkat menjadi US$ 9,17 miliar pada 2024.

Antes Eko Prasetio, menegaskan pihaknya melihat peluang di sektor ini untuk memperluas bisnisnya melalui dua unit usaha, yaitu Pyfahealth dan Pyfabeauty.  

Pyfahealth, yang berfokus pada produk vitamin dan suplemen, berkomitmen menghadirkan produk curative, preventive, dan inovatif dengan nilai tambah bagi konsumen.

Baca juga:

Sementara itu, Pyfabeauty, yang diluncurkan pada 2024, merupakan lini bisnis produk kecantikan yang bekerja sama dengan CNT Dream Korea, perusahaan original design manufacturer (ODM) kecantikan asal Korea Selatan.

Kehadiran Pyfabeauty diharapkan dapat memperkuat portofolio bisnis PYFA di industri kecantikan.

Dia menambahkan, pihaknya harus mengakselerasi pengembangan kemampuan komersialnya di luar portofolio obat resep dengan menambah produk consumer healthcare dan kecantikan, yakni Pyfahealth dan Pyfabeauty.

"Kami berharap langkah ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia,” ujarnya dikutip, Senin (10/2/2025).

Strategi ini merupakan bagian dari rencana jangka menengah dan panjang PYFA untuk menghadirkan solusi kesehatan holistik serta memperkuat daya saing perusahaan di industri yang semakin kompetitif. 

Dengan pendekatan inovatif dan potensi pasar yang besar, PYFA menawarkan peluang investasi berkelanjutan serta prospek pertumbuhan positif di masa depan. (oln/kntn/*)