Baznas pastikan layanan penghimpunan ZIS lebih cepat jelang Ramadhan

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memastikan layanan penghimpunan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) menjadi lebih ...

Baznas pastikan layanan penghimpunan ZIS lebih cepat jelang Ramadhan

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memastikan layanan penghimpunan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) menjadi lebih cepat menjelang bulan suci Ramadhan 1446 Hijriah.

"Bulan Ramadhan bukan hanya soal ibadah puasa dan shalat, tetapi juga menjadi waktu di mana masyarakat lebih banyak berzakat, berinfak, dan bersedekah," kata Pimpinan Baznas RI Bidang Transformasi Digital Nasional Nadratuzzaman Hosen melalui keterangan di Jakarta, Rabu.

Nadra mengungkapkan pihaknya menyiapkan sejumlah strategi melalui kanal ritel dengan menambah gerai ZIS dan mengadakan berbagai acara dan kerja sama bersama sejumlah pihak, untuk memastikan masyarakat dapat menunaikan ZIS dengan lebih praktis dan aman.

Baca juga:

Adapun secara digital, lanjutnya, Baznas juga memperkuat layanan pembayaran ZIS melalui dompet digital, transfer bank, serta lokapasar sehingga dapat lebih mudah diakses oleh para pemberi zakat (muzaki).

"Selain itu, program zakat istana dan layanan jemput zakat juga difasilitasi guna memudahkan masyarakat menyalurkan ZIS melalui Baznas," ujarnya.

Nadra menyebutkan pihaknya juga mengoptimalkan penghimpunan off balance sheet, yaitu dana zakat yang dihimpun dari lembaga di luar pencatatan resmi, seperti masjid, yayasan, dan komunitas.

Baca juga:

"Pendekatan ini sangat penting karena banyak donasi yang sebenarnya bisa dihimpun dari sumber-sumber tersebut jika dikelola dengan baik," ujarnya.

Direktur Pengumpulan Perorangan Baznas RI Fitriansyah Agus Setiawan, menambahkan bahwa kecepatan dan kemudahan layanan menjadi kunci sukses penghimpunan.

Oleh karena itu, kata dia, Baznas telah menyiapkan strategi komunikasi berupa kampanye Above The Line (ATL) yang dilakukan melalui media sosial, televisi, radio, dan baliho, serta kampanye Below The Line (BTL) memanfaatkan WhatsApp, SMS, dan surat elektronik untuk mengajak masyarakat berzakat.

Baca juga:

“Kami ingin memastikan donasi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Apalagi, puncak penghimpunan terjadi pada 10 hari terakhir Ramadhan, sehingga kita harus siap dengan berbagai kanal," tutur Firiansyah.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2025