Penyesuaian tarif air PAM dinilai sudah tepat

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Nur Afni Sajim menilai bahwa langkah PAM Jaya memberlakukan penyesuaian tarif pada ...

Penyesuaian tarif air PAM dinilai sudah tepat

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Nur Afni Sajim menilai bahwa langkah PAM Jaya memberlakukan penyesuaian tarif pada awal 2025 sudah tepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kebutuhan air bagi warga Jakarta.

"Untuk penyesuaian tarif. Kalau bicara daerah lain, contoh, Bekasi. Tarif air sebenarnya masih di bawah Bekasi," kata Nur Afni di Jakarta, Jumat.

Karena itu, dia mengatakan bahwa langkah yang diambil PAM Jaya sudah tepat. Apalagi penyesuaian tarif itu mengacu pada Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 730 Tahun 2024.

Beberapa aspek menjadi pertimbangan dalam penyesuaian tarif tersebut. Seperti lingkungan, kesehatan, ekonomi dan percepatan penyambungan jaringan pipa baru.

Baca juga:

Afni menambahkan bahwa kerja sama operasional layanan air di Jakarta dengan perusahaan mitra, yakni Paljaya dan Aetra telah berakhir pada 31 Januari 2023. Bahkan, PAM Jaya telah melangsungkan serangkaian agenda transisi mulai 1 Agustus 2022.

"Jadi karena PAM Jaya ambil alih, mereka tidak lagi di pihak ketiga. Maka suka tidak suka ada penyesuaian tarif," katanya.

Karena itu, Nur Afni mendukung Program Kartu Air Sehat (KAS) yang diluncurkan pada awal 2025. Kartu ini diharapkan membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mengakses air bersih dengan harga terjangkau.

"Kita punya perbedaan antara pelanggan sangat sederhana (SS), sederhana dan menengah ke atas," katanya.

Baca juga:

Sebelumnya, Senior Manager Corporate Communication&Office Director PAM Jaya, Gatra Vaganza mengatakan, program Kartu Air Sehat sebagai wujud komitmen dalam memastikan layanan air minum. Tidak hanya terjangkau, tetapi juga dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.

Untuk mendapatkan program Kartu Air Sehat, pelanggan tidak perlu melakukan registrasi apapun karena bagi pelanggan 2A1, yaitu rumah tangga sangat sederhana dan 2A2 rumah tangga sederhana yang belum menerima fisik kartu, dapat tetap menikmati program ini.

"Dengan adanya bantuan tarif air khusus dan berbagai manfaat tambahan seperti layanan prioritas serta kompensasi atas gangguan, kami berharap dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat," katanya.

Gatra mengungkapkan, program sambungan baru gratis untuk pelanggan kategori 2A1 dan 2A2 yang berlanjut hingga 2025 menunjukkan keseriusan perusahaan dalam memastikan cakupan air minum yang merata di Daerah Khusus Jakarta.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2025