GoTo Hadirkan Makmur Jaya ke World Economic Forum 2025, Kembali Kenalkan Kopi Indonesia Kepada Dunia
GoTo turut berpartisipasi pada World Economic Forum 2025 dengan menghadirkan Makmur Jaya Coffee Roasters sebagai representasi mitra usaha GoFood.
TRIBUNNEWS.COM - GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia, turut berpartisipasi pada World Economic Forum 2025 dengan menghadirkan Makmur Jaya Coffee Roasters sebagai representasi mitra usaha GoFood untuk kembali kenalkan cita rasa nusantara kepada dunia.
Partisipasi GoTo kali ini merupakan kali ketiga GoTo menghadirkan mitra usaha kopi di World Economic Forum, setelah membawa Dua Kopi dan Space Roastery pada World Economic Forum 2022 dan 2023.
Konsistensi GoTo dalam membawa representasi merchant kopi dari tahun ke tahun juga merupakan bentuk dukungan terhadap misi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk terus mempromosikan cita rasa kopi Indonesia di kancah internasional.
Sejalan dengan tema besar Paviliun Indonesia di World Economic Forum 2025 yang membahas tentang pertumbuhan inklusif, GoTo melalui kehadiran Makmur Jaya Coffee Roasters akan berbagi mengenai pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan bisnis lokal.
Makmur Jaya Coffee Roasters adalah sebuah bisnis kopi asal Bandung yang didirikan pada tahun 2018. Setelah 7 tahun masuk ke dalam ekosistem GoFood, kini Makmur Jaya yang merintis usahanya sebagai UMKM telah bertransformasi menjadi bisnis kopi lokal dengan penjualan tertinggi di Bandung.
Hanya dalam satu tahun terakhir, Makmur Jaya berhasil mencatatkan 352 ribu jenis olahan kopi yang terjual lewat GoFood dan berhasil melampaui penjualan kompetitor sejenis sebanyak 4 kali lipat.
“GoFood telah menjadi partner pertumbuhan bisnis kami selama ini. Saat memulai bisnis UMKM kami berupa kedai kopi kecil di garasi bengkel, kehadiran platform GoFood telah memungkinkan visibilitas brand kami berada di genggaman pengguna aplikasi Gojek serta memudahkan mereka untuk membeli kopi kami lewat aplikasi," ujar Nicholas Steven, Chief Operations Officer dari Makmur Jaya Coffee Roasters.
Baca juga:
“Kini, kami bersyukur dapat berkembang dan membuka 3 gerai yang tersebar di kota Bandung. Hingga saat ini, sosok GoFood pun konsisten hadir mendukung dengan memberikan ragam data-driven insight terkait ragam promosi. Pasalnya, berdasarkan pengalaman, kampanye-kampanye GoFood selalu terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan kami,” tambahnya.
Selaku mitra strategis pemerintah, GoFood secara konsisten juga mendorong pertumbuhan UMKM lokal untuk naik kelas melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).
Selama lima tahun terakhir, KOMPAG telah menjadi rumah bagi ratusan ribu mitra usaha GoFood di berbagai daerah di Indonesia untuk saling bertukar informasi.
Tidak berhenti di situ, seiring dengan pertumbuhan para Mitra Usaha yang kian meningkat, GoFood juga mengerahkan tim Sales yang terlatih dan berpengalaman, yang secara konsisten mendorong layanan konsultatif berbasis data. Adapun ragam dukungan GoFood dalam kian mendorong pertumbuhan mitra usaha di ekosistem terbagi menjadi 3 (tiga) pilar utama, yaitu:
- Pilar Inovasi Teknologi; berisi ragam upaya dalam hal teknologi untuk mempermudah operasional resto sehari-hari, seperti dalam beriklan, melakukan promosi, maupun mengelola keuangan usahanya.
- Pilar Visibilitas Usaha; berisi ragam upaya untuk meningkatkan awareness terkait brand/merek resto kepada target pasar. Contohnya pemasangan iklan pada aplikasi GoFood.
- Pilar Strategi Promosi; berisi ragam program untuk meningkatkan transaksi melalui promosi yang terarah. Contohnya dengan aktivasi diskon pada menu-menu di resto.
Pertumbuhan bisnis Makmur Jaya Coffee Roasters bersama GoFood menggambarkan dampak positif ekosistem digital GoTo terhadap keberlanjutan bisnis lokal di Indonesia.
Hasil riset oleh LPEM FEB UI di 2024 menunjukkan bahwa kegiatan akomodasi makanan dan minuman dari layanan GoFood telah berkontribusi hingga Rp 19,68 triliun atau mencapai 3,7 persen terhadap PDB Indonesia 2023.
Baca juga: