EVOS "berebut kue" esport di Indonesia dengan perluas kemitraan
Organisasi esport EVOS memperluas kemitraan dengan mengumumkan kolaborasi bersama Chupa Chups Big Babol untuk berebut ...
Kami melihat industri esport sekarang sangat pesat. Kita tidak ngomongin ini niche market lagi tapi mass market
Jakarta (ANTARA) - Organisasi esport EVOS memperluas kemitraan dengan mengumumkan kolaborasi bersama Chupa Chups Big Babol untuk berebut "kue" potensi ekonomi dalam industri esport di Indonesia.
Head of Commercial EVOS Tony Tham mengatakan bahwa kerjasama tersebut membuka lebih banyak kemungkinan untuk tidak hanya soal turnamen esport tetapi juga gaming-entertainment, ranah yang sudah dijajaki EVOS.
"Sebenarnya tambah partner baru sudah pasti itu akan menambah secara support kita. Kalau ngomongin secara ekosistem dan keseluruhan dari EVOS sendiri penambahan partner ini juga memberikan peluang baru buat kita semakin untuk membuka peluang yang lain juga dalam hal mengeksplorasi dunia esport dan memajukan esport di Indonesia," ujar Tony usai konferensi pers di Jakarta, Rabu.
Baca juga:
Menurut Tony, industri esport yang terus bertumbuh juga tak lepas dari dukungan pemerintah dalam hal ini Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) sebagai induk organisasi esports di Indonesia.
"Dari data, Indonesia itu sendiri dari tahun lalu ke tahun ini saja naik 10 persen. Jadi kalau kita ngomongin dari 2023 ke 2024 itu sudah naik 10 persen, memang sudah segede itu. Secara viewership saja dari tahun ke tahun naiknya bisa lebih dari 100 persen."
Menurut perusahaan riset pasar Statista, pasar esport di Indonesia diperkirakan akan tumbuh sebesar 25,34 persen dari 2019 hingga 2028, mencapai 13,88 juta dolar AS pada 2028. Pasar esport di Indonesia terbagi menjadi beberapa segmen, di antaranya sponsorship yang memegang pangsa pasar yang signifikan lebih dari 38 persen pada 2021.
Terkait dengan kolaborasi bersama Chupa Chups Big Babol, Tony mengatakan kerjasama tersebut sebagai upaya untuk mencari cara baru dalam memperkaya pengalaman gaming, menciptakan pengalaman unik yang memadukan dunia gaming dan keseruan menikmati bubble gum.
Baca juga:
Bagi Chupa Chups Big Babol, kerjasama dengan EVOS merupakan kali pertama masuk dalam industri esport.
"Kami melihat industri esport sekarang sangat pesat. Kita tidak ngomongin ini niche market lagi tapi mass market," kata Marketing Manager Gum, PT Perfetti Van Melle Indonesia, Taufan Haryo Indraswara.
"Growth-nya double digit kemarin (tahun lalu), dan kami harapkan lebih besar dengan kerjasama dengan EVOS," ujar Taufan, menambahkan bahwa market size Chupa Chups Big Babol mencapai triliunan rupiah.
Kegiatan yang diadakan oleh EVOS dan Chupa Chups Big Babol akan beragam dimulai dari aktivasi media sosial, aktivasi dengan melibatkan EVOS Fams (community) seperti watch party, konten kolaboratif dan akan ada exclusive merchandise dan special edition yang akan dilaksanakan pada 2025.
Baca juga:
Baca juga:
Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2025