M-Banking Byond BSI Error Berhari-hari, Nasabah DIimbau Lakukan Transaksi di Kantor Cabang
BSI menyebutkan error pada aplikasi Byond seiring dengan langkah pembaruan (upgrade) sistem untuk meningkatkan kualitas layanan transaksi nasabah.
![M-Banking Byond BSI Error Berhari-hari, Nasabah DIimbau Lakukan Transaksi di Kantor Cabang](https://statik.tempo.co/data/2025/02/11/id_1376436/1376436_720.jpg)
TEMPO.CO, Jakarta - Aplikasi mobile banking () Byond dari PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk. atau mengalami gangguan atau error selama berhari-hari. Manajemen BSI mengumumkan sejak 9 Februari 2025 memang sedang ada pemeliharaan sistem.
“Nasabah yang terhormat, kami informasikan bahwa kami akan melakukan peningkatan kualitas layanan pada hari Ahad, 9 Februari 2025, pukul 01.00-05.00 WIB,” tulis manajemen BSI di situs resminya, Ahad, 9 Februari 2025.
Hingga hari ini, Selasa, 11 Februari 2025, aplikasi tersebut masih error sehingga nasabah tidak dapat melakukan transaksi apa pun.
Padahal manajemen BSI menyampaikan proses perbaikan sistem di bank syariah tersebut telah selesai. “Layanan e-channel seperti BSI Mobile, BSInet, ATM, EDC, , Merchant App dan kartu debit GPN dan visa kini telah kembali normal,” cuit manajemen BSI dalam unggahan di media sosial X.
Tangkapan
layar pengumuman resmi dari akun X resmi milik Bank Syariah
Indonesia (BSI) pada Senin, 10 Februari 2025, yang
menginformasikan pemeliharaan sistem sudah selesai. X Bank
Syariah Indonesia
Berdasarkan pantauan Tempo, aplikasi BSI Mobile hingga hari ini, 11 Februari 2025 belum bisa diakses. Setelah melakukan log-in, di layar ponsel nasabah kemudian muncul notifikasi bahwa aplikasi tersebut sedang dalam pemeliharaan sistem.
Tak sedikit nasabah mengeluhkan aplikasi m-banking BSI mereka masih belum dapat digunakan. Keluhan itu juga ramai di media sosial X. Ada nasabah yang mengaku terhambat dalam melakukan transaksi pembayaran selama tiga hari belakangan ini akibat aplikasi mobile banking Byond tersebut bermasalah.
Nasabah BSI lainnya juga mengeluhkan aplikasi bermasalah hingga hari ini meskipun manajemen bank tersebut menyampaikan proses perbaikan telah dilakukan sejak akhir pekan lalu.
Menanggapi hal tersebut, BSI menjelaskan error pada aplikasi tak terhindarkan karena bank tersebut tengah melakukan pembaruan (upgrade) sistem untuk meningkatkan kualitas layanan transaksi nasabah.
“Selama proses tersebut, layanan transaksi nasabah melalui e-channel mengalami kendala dan transaksi dapat dilakukan di cabang-cabang,” kata Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, 10 Februari 2025, seperti dikutip dari .
Meski begitu, Wisnu memastikan data dan dana nasabah tetap dalam kondisi aman. Ia juga meminta agar nasabah tetap mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan BSI.
“Pastikan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi Anda, termasuk password, PIN, dan OTP, serta tidak membagikannya kepada siapapun, termasuk pegawai BSI,” tutur Wisnu.
Wisnu juga menyarankan kepada nasabah untuk menghubungi BSI Call Center melalui nomor 14040 atau mengunjungi kanal resmi www.bankbsi.co.id jika masih menemui sejumlah kendala. Nasabah juga bisa datang secara langsung ke kantor cabang BSI terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.