Pelayanan Publik di Cilegon Banten Dapat Skor 95,31 dari Ombudsman

Pelayanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, berdasarkan penilaian Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten

Pelayanan Publik di Cilegon Banten Dapat Skor 95,31 dari Ombudsman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelayanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) , berdasarkan penilaian RI Perwakilan Provinsi Banten, Kota meraih skor kepatuhan sebesar 95,31 pada tahun 2024.

Wali Kota , , menyampaikan,  hasil ini adalah bukti nyata kerja keras bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik telah membuahkan hasil yang membanggakan.

"Kami berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan standar pelayanan demi kesejahteraan masyarakat ,” ujar Helldy dikutip Rabu (22/1/2025).

Skor ini menempatkan Kota di zona hijau dengan predikat kualitas tertinggi, sekaligus mengukuhkan posisinya di peringkat kedua dari delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten. 

Pemkot berhasil mengungguli sejumlah kota dan kabupaten lainnya di wilayah Banten, hanya berada di bawah Kota Tangerang Selatan yang menempati peringkat pertama.

Capaian ini merupakan peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, di mana pada 2023 skor kepatuhan berada di angka 89,45. 

Kenaikan sebesar 5,86 poin ini menunjukkan keseriusan Pemkot dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Kepala RI Perwakilan Provinsi Banten Fadli Afriadi, menyampaikan, hasil ini mencerminkan keberhasilan Kota dalam menerapkan standar pelayanan publik yang tinggi. 

“Penilaian ini dilakukan untuk memastikan pelayanan publik berjalan sesuai standar. Skor tinggi yang diraih menunjukkan komitmen besar dalam memenuhi hak masyarakat terhadap pelayanan yang berkualitas,” jelasnya kepada pers, Selasa (21/1/2025).

Dalam proses penilaian ini, Dinas Kesehatan Kota turut mendapatkan apresiasi khusus dengan meraih peringkat pertama dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Provinsi Banten. Selain itu, berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan puskesmas di juga mencatatkan hasil yang membanggakan.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Cilegon, Gita Suryani, menambahkan,  capaian ini sejalan dengan arahan Wali Kota Cilegon untuk terus meningkatkan koordinasi dan evaluasi dalam rangka menciptakan pelayanan publik yang prima. 

Baca juga:

"Keberhasilan ini adalah hasil sinergi dan kerja keras bersama. Kami akan terus melakukan perbaikan untuk menjaga kepercayaan masyarakat,” tegasnya.