Sepanjang 2024, TASPEN Catat 100% Penyelesaian Klaim Sesuai Sasaran Mutu
TASPEN berhasil menyelesaikan 100% klaim secara tepat waktu yang disalurkan kepada 6, 6 juta peserta aktif dan pensiunan di seluruh Indonesia.
![Sepanjang 2024, TASPEN Catat 100% Penyelesaian Klaim Sesuai Sasaran Mutu](https://cdn1.katadata.co.id/media/images/thumb/2024/11/01/2024_11_01-18_09_00_e07efeab-98a4-11ef-b526-ec79493def20_960x640_thumb.jpg)
Sepanjang tahun 2024, PT TASPEN (Persero) mencatatkan pencapaian signifikan dengan menyelesaikan 100% klaim secara tepat waktu yang disalurkan kepada sebanyak 6,6 juta peserta aktif dan pensiunan di seluruh Indonesia.
Realisasi tersebut mencakup lebih dari 800 ribu klaim yang diajukan pada tahun 2024 meliputi Program Pensiun, Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).
Pencapaian ini menjadi bukti komitmen TASPEN dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan andal kepada seluruh peserta.
Corporate Secretary TASPEN Henra mengatakan, pencapaian merupakan hasil dari komitmen kuat perusahaan dalam menghadirkan layanan yang prima dan berorientasi pada kepuasan peserta.
“Hal ini juga selaras dengan arahan Kementerian BUMN melalui Menteri BUMN Erick Thohir bahwa perusahaan BUMN harus dapat bekerja lebih efisien dan fokus pada layanan kepada masyarakat,” ujar Henra dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (11/2).
Pencapaian penyelesaian klaim tepat waktu sebesar 100% ini terhitung setelah dokumen dinyatakan lengkap dan sesuai dengan sasaran mutu yaitu selama 45 menit.
Hal ini menunjukkan upaya TASPEN dalam memberikan pelayanan optimal kepada seluruh peserta, termasuk dengan keberadaan 57 kantor cabang yang hadir hingga ke pelosok Indonesia.
Upaya ini pun sejalan dengan komitmen layanan 5T TASPEN yang terdiri dari: Tepat Administrasi, Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, dan Tepat Tempat.
Dengan inovasi layanan dan keberadaan yang merata, TASPEN memastikan bahwa setiap peserta, tanpa terkecuali, dapat merasakan kemudahan dan manfaat dari program yang dihadirkan.
Hal ini diperkuat dengan pengembangan layanan digital yang progresif, seperti TASPEN One Hour Online Service (TOOS) yang beroperasi sejak tahun 2020.
Dalam rentang tahun 2020 hingga 2024, TASPEN telah mencatat sebanyak 853.559 pengguna aktif yang memanfaatkan aplikasi TOOS untuk pengajuan klaim hingga informasi manfaat.
Memasuki tahun 2025, TASPEN berkomitmen untuk terus memperkuat layanan berbasis teknologi, memperluas jangkauan, dan meningkatkan efisiensi. Salah satu upayanya yaitu dengan peluncuran aplikasi Andal by TASPEN.
Andal by TASPEN adalah aplikasi autentikasi maupun enrollment pertama dari TASPEN yang memuat seluruh fitur layanan digital. Melalui aplikasi ini, peserta dapat melakukan autentikasi dengan lebih mudah yaitu cukup melakukan swafoto (selfie), sehingga akan mempercepat proses pencairan manfaat pensiun dan memberikan kenyamanan lebih bagi para peserta.
Dengan aplikasi ini, TASPEN terus berinovasi untuk memberikan pengalaman layanan yang modern, praktis, dan terpercaya bagi seluruh pesertanya. TASPEN turut mengimbau agar peserta selalu berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan TASPEN.
Jangan pernah mengunduh atau menginstal file dalam format APK yang dikirimkan melalui pesan WhatsApp, SMS, atau email dari pihak yang tidak resmi dan laporkan kepada call center TASPEN di 1500919.
Pastikan selalu mengunduh aplikasi Andal by TASPEN hanya melalui Play Store dan App Store untuk keamanan data dan layanan yang optimal.
“Kami terus mengedepankan prinsip kecepatan, ketepatan, dan transparansi dalam setiap proses layanan. Selain itu, inovasi teknologi yang kami kembangkan telah memungkinkan peserta untuk mengakses layanan secara mudah dan efisien, kapan saja dan di mana saja,” tutup Henra.