CRSC: Bisnis ritel harus bisa beradaptasi cepat di era digitalisasi

Commercial Real Estate and Shopping Center Studies (CRSC) menekankan bahwa bisnis ritel harus mampu beradaptasi dengan ...

CRSC: Bisnis ritel harus bisa beradaptasi cepat di era digitalisasi

Jakarta (ANTARA) - Commercial Real Estate and Shopping Center Studies (CRSC) menekankan bahwa bisnis ritel harus mampu beradaptasi dengan cepat agar tetap kompetitif di tengah tantangan seperti digitalisasi, perubahan pola belanja, hingga regulasi yang semakin kompleks.

“Untuk menghadapi perubahan ini maka jawabannya terletak pada wawasan yang tepat, solusi yang inovatif, dan strategi yang cerdas,” kata Managing Director CRSC Yongky Surya Susilo dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Yongky menilai pemahaman yang mendalam tentang tren, regulasi, dan perilaku konsumen akan membantu bisnis berkembang dan bertahan di era yang penuh perubahan.

Dalam mempelajari seluruh hal tersebut, pihaknya telah menyediakan berbagai layanan dan program yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan industri ritel dan pusat perbelanjaan.

Baca juga:

Baca juga:

Sejumlah program itu yakni riset dan analisis berbasis data yang dapat membantu pengelola membuat keputusan yang baik dan didasari oleh data yang akurat.

Kemudian ada jaringan dan kolaborasi pemangku kepentingan, di mana CRSC bakal menghubungkan pemilik dan pengelola pusat perbelanjaan, berupa brand dan retailer dari berbagai sektor, investor dan pelaku bisnis properti komersial hingga pemerintah dan pembuat kebijakan terkait.

Terdapat pula program forum diskusi dan program berbagi wawasan hingga mencari solusi inovatif.

“Di era yang penuh tantangan ini, bisnis ritel tidak bisa hanya mengandalkan strategi lama. Diperlukan wawasan yang tepat, inovasi yang berkelanjutan, serta kolaborasi yang erat dengan berbagai pihak,” kata dia.

Baca juga:

Baca juga:

Baca juga:

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Mahmudah
Copyright © ANTARA 2025