TASPEN siapkan Layanan Antar Pembayaran Pensiun untuk permudah peserta
PT TASPEN (Persero) menyiapkan Layanan Antar Pembayaran Pensiun sebagai bentuk layanan proaktif untuk mempermudah ...
Melalui Layanan Antar Pembayaran Pensiun, TASPEN berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada peserta.
Jakarta (ANTARA) - PT TASPEN (Persero) menyiapkan Layanan Antar Pembayaran Pensiun sebagai bentuk layanan proaktif untuk mempermudah pembayaran pensiun kepada peserta.
Layanan ini memungkinkan pembayaran pensiun dilakukan langsung di tempat domisili penerima yang memenuhi kriteria khusus. Verifikasi dilakukan di lokasi, dan apabila dinyatakan berhak, uang pensiun langsung diserahkan.
Corporate Secretary TASPEN Henra, di Jakarta, Selasa, menjelaskan layanan tersebut merupakan langkah konkret TASPEN untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan peserta yang membutuhkan bantuan ekstra.
Layanan ini ditujukan bagi peserta pensiun berusia lanjut, seperti mereka yang berusia di atas 80 tahun, penerima pensiun janda atau duda, serta kategori penerima TASPEN Prioritas (contoh, pejabat negara).
Layanan Antar Pembayaran Pensiun dirancang untuk menjawab tantangan yang dihadapi para pensiunan, terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil dengan keterbatasan akses internet dan layanan perbankan.
"Kami menyadari bahwa sebagian peserta pensiun mungkin menghadapi kesulitan dalam mengakses layanan kami. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang mempermudah mereka agar tidak ada yang tertinggal dalam menerima hak sesuai aturan yang berlaku," ujar dia.
Hingga Desember 2024, TASPEN secara aktif mengelola Dana Pensiun, Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian bagi 4,7 juta peserta aktif dan 3,1 juta peserta pensiun yang tersebar di seluruh Indonesia.
Melalui Layanan Antar Pembayaran Pensiun, TASPEN berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada peserta.
Dengan menghadirkan layanan yang lebih personal dan mudah diakses, TASPEN berharap dapat memberikan kenyamanan serta ketenangan bagi pensiunan yang telah mengabdikan diri selama bertahun-tahun, sehingga mereka dapat menikmati hak pensiun mereka dengan lebih mudah dan tanpa hambatan.
Sejak diluncurkan pada 2024, layanan proaktif ini memberikan berbagai manfaat, di antaranya mempermudah proses pencairan uang pensiun, menghemat waktu dan biaya, serta layanan ini disediakan tanpa biaya apa pun atau gratis.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga menegaskan pentingnya orientasi BUMN terhadap pelayanan masyarakat.
Dalam konteks itu, TASPEN berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik, termasuk langkah-langkah inovatif yang untuk mempermudah akses pensiunan terhadap hak-hak mereka.
Baca juga:
Baca juga:
Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2025