Toshiba Lifestyle Berikan Jaminan Ganti Baru Produk selama 1 Tahun, Apa Saja Syaratnya?

Jaminan ganti baru menjadi langkah awal layanan premium Toshiba Lifestyle Indonesia.

Toshiba Lifestyle Berikan Jaminan Ganti Baru Produk selama 1 Tahun, Apa Saja Syaratnya?

TEMPO.CO, Jakarta - Lifestyle Indonesia memberikan jaminan ganti baru untuk sejumlah produk elektronik rumah tangga yang dibeli konsumen terhitung sejak 1 Februari 2025. Program ini diberi nama "Toshiba 365 days worry free" yang diklaim untuk memberikan kemudahan konsumen. 

Product Manager Small Domestic Appliance Indonesia, Antonius Widjaja mengatakan ada 10 model dari 4 produk home appliance yang diberikan jaminan ganti baru tersebut untuk tahap awal peluncuran program yakni  penanak nasi (), air fryer, induction cooker dan kipas angin.

“Dengan adanya program 365 days of worry free, Toshiba ingin memastikan pengalaman konsumen yang lebih nyaman dan bebas khawatir dalam menggunakan produk-produk unggulan Toshiba. Program ini berlaku untuk pembelian di seluruh toko offline serta e-commerce di Indonesia,” ujar Antonius di Habitate Jakarta, Kamis sore, 6 Februari 2025.  

Ia menjelaskan setelah periode 365 hari berakhir, garansi normal tetap berlaku sesuai ketentuan yang tertera berdasarkan tanggal invoice pembelian produk. 

Ia menuturkan jaminan ganti baru menjadi langkah awal layanan premium bagi semua produk yang diimpor oleh PT Midea Planet Indonesia ini. "Sampai nanti langkah premium services 24 hours," kata dia.

Head of Service Division Toshiba Lifestyle Indonesia, Leo Ariefyanto mengatakan jika konsumen mengalami kerusakan fungsi produk, mereka hanya perlu menghubungi WhatsApp Call Center Toshiba di 0811401816. Tim service center Toshiba akan memberikan panduan terkait keluhan yang dialami, dan jika terbukti unit mengalami kerusakan, Toshiba akan mengganti dengan unit baru yang dikirim langsung ke alamat konsumen tanpa biaya tambahan. “Ini merupakan apresiasi kami kepada konsumen yang setia memilih produk Toshiba," kata dia. 

Untuk lebih jelas, berikut cara mengajukan klaim penukaran produk baru Toshiba.
1.    Konsumen harus menghubungi Official Business WhatsApp Toshiba (0811401816) untuk melaporkan kerusakan produk dan proses penukarannya.
2.    Konsumen harus mengirimkan video yang menunjukkan masalah atau kerusakan produk melalui Official Business Whatsapp Toshiba.
3.    Penukaran unit baru berlaku apabila konsumen telah menerima pesan persetujuan dan nomor laporan dari Official Business WhatsApp Toshiba.
4.    Konsumen harus mengirimkan faktur pembelian dan kartu garansi.
5.    Setelah mendapatkan konfirmasi dari tim service, produk yang rusak harus dikirim menggunakan kotak asli dengan kemasan yang aman.
6.    Unit yang rusak harus dikirim ke titik drop Lion Parcel atau dapat dijemput jika jaringan Lion Parcel menyediakan layanan tersebut.
7.    Biaya pengiriman produk rusak ditanggung oleh Toshiba.
8.    Konsumen juga dapat mengirimkan melalui mitra Lion Parcel, membayar biaya pengiriman di muka, kemudian mengklaim biaya tersebut ke Toshiba.

Sementara syarat dan ketentuan klaim sebagai berikut.
1.    Kerusakan pabrik dalam hal kualitas yang bisa disebabkan oleh penggunaan normal konsumen.
2.    Konsumen tidak dapat melakukan proses klaim apabila kerusakan unit disebabkan oleh kelalaian penggunaan seperti jatuh, terendam air, atau kondisi tertentu lainnya setelah dilakukan pengecekan oleh tim service.
3.    Tim service Toshiba berwenang untuk menentukan kerusakan pada produk setelah melakukan pengecekan lebih lanjut.