Daop 8 catat delapan KA alami keterlambatan kedatangan akibat banjir
PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Jawa Timur, mencatat sebanyak delapan perjalanan kereta api (KA) masih ...
Akibat banjir di wilayah Daop 4 Semarang, KAI melakukan pengalihan operasi yang membuat keterlambatan kedatangan terjadi.
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Jawa Timur, mencatat sebanyak delapan perjalanan kereta api (KA) masih mengalami keterlambatan kedatangan disebabkan adanya gangguan rintang jalan akibat banjir di wilayah Daop 4 Semarang, Jawa Tengah.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan waktu keterlambatan kedatangan kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya berkisar antara 65 menit hingga 107 menit.
"Akibat banjir di wilayah Daop 4 Semarang, KAI melakukan pengalihan operasi yang membuat keterlambatan kedatangan terjadi," ujar Luqman saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu.
Luqman menjelaskan, KA yang mengalami keterlambatan kedatangan yaitu KA 220 Kertajaya relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi dengan waktu 98 menit, dan KA 108 Jayabaya relasi Pasarsenen-Malang mengalami keterlambatan lebih kurang 92 menit.
Kemudian, KA 64 Sembrani relasi Gambir-Pasarsenen terlambat 82 menit, KA 4 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasarturi 65 menit, dan KA 78 Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember mengalami keterlambatan lebih kurang 107 menit.
Selanjutnya, KA 126 Harina relasi Bandung-Surabaya Pasarturi mengalami keterlambatan lebih kurang 102 menit, KA 130 Gumarang relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi mengalami keterlambatan lebih kurang 102 menit serta KA 216 Majapahit relasi Pasarsenen-Malang 90 menit
Sementara, katanya lagi, KA keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasarturi yang mengalami perubahan pola operasi pada hari ini, yaitu KA 231 Ambarawa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi-Semarang Poncol dan KA 61 Sembrani relasi Surabaya Pasarturi-Gambir.
"KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan atas adanya keterlambatan ini," katanya pula.
Oleh karena itu, pihaknya memberikan kompensasi sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.
"Sebagai kompensasi, para pelanggan terdampak akan dibagikan service recovery," katanya lagi.
Selain itu, kata Luqman, bagi calon pelanggan di wilayah KAI Daop 8 Surabaya yang ingin membatalkan perjalanannya, dapat melakukan refund atau pengembalian dana tiket melalui stasiun terdekat.
"Sejak Selasa (21/1) hingga Rabu (22/1) pukul 10.00 WIB tercatat sudah sebanyak 497 pelanggan telah membatalkan tiket dan dana akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan. Pembatalan dapat dilakukan hingga H+7 keberangkatan," ujarnya.
Baca juga:
Baca juga:
Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2025