Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ungkap Cara Pengelolaan SDM Andal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdal menganggap mengelola SDM membutuhkan seni manajemen yang andal. Menurutnya tidak hanya mengacu pada prosedur administratif saja tetapi...

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ungkap Cara Pengelolaan SDM Andal

Salah satu momen peluncuran buku The Art of Human Capital: Best Practice Transformasi Manajemen SDN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Kesehatan Andi Afdal menganggap mengelola membutuhkan seni manajemen yang andal. Menurutnya tidak hanya mengacu pada prosedur administratif saja tetapi dibutuhkan kemampuan berpikir kreatif, adaptif dan inovatif.

Pandangan Andi tersebut tertuang dalam buku barunya yang berjudul "The Art of Human Capital: Best Practice Transformasi Manajemen SDN", Jumat, 17 Januari 2025. Buku merupakan refleksi dari pengalaman lebih dari 26 tahun Andi Afdal dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dan transformasi organisasi.

Dengan memposisikan pegawai sebagai aset strategis, buku ini memberikan panduan aplikatif untuk memanfaatkan SDM sebagai motor penggerak keberlanjutan organisasi. Transformasi BPJS Kesehatan dijadikan studi kasus dalam buku ini, dengan mengadopsi model global seperti HR Four-Role Model yang relevan bagi organisasi di Indonesia.

Buku ini juga menampilkan strategi untuk menghadapi perubahan demografi tenaga kerja, termasuk pengelolaan generasi Z dan milenial sebagai agen perubahan.

Andi mengatakan buku ini merupakan langkah kecilnya untuk meraih cita-cita besar. Andi percaya bahwa SDM adalah seni yang terus berkembang. Setiap orang harus terus belajar berinovasi agar organisasi tetap relevan dan kompetitif.

"Melalui buku ini, saya ingin berbagi pengalaman dan wawasan yang dapat membantu organisasi lain dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung keseimbangan fisik, mental, dan sosial bagi para pegawai," ujar Andi.

Andi menambahkan bahwa peluncuran buku ini sekaligus menjadi momentum penting untuk menekankan nilai organisasi BPJS Kesehatan, termasuk nilai-nilai INISIATIF (Integritas, Kolaborasi, Pelayanan Prima, dan Inovatif) yang menjadi fondasi dalam memperkuat budaya kerja dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Andi mengatakan keseimbangan kesejahteraan pegawai turut menjadi sorotan utama sebagai landasan untuk mendukung kinerja optimal. Ia berharap buku tersebut dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi para pemimpin, praktisi, dan akademisi untuk memahami dan menerapkan manajemen SDM yang strategis.

"Kita sedang menghadapi era yang penuh disrupsi, dan SDM harus diposisikan sebagai kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif serta keberlanjutan organisasi," kata Andi.

sumber : Web