Ini Waktu yang Tepat Pesan Tiket Kereta Lebaran Menurut Bos KAI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mempersiapkan berbagai langkah strategis untuk menyambut arus mudik Lebaran 2025. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, menyampaikan kapasitas angkutan penumpang akan...

Ini Waktu yang Tepat Pesan Tiket Kereta Lebaran Menurut Bos KAI

Sejumlah penumpang kereta api berjalan keluar setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (13/4/2024). PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memperkirakan sekitar 44.000 hingga 46.000 penumpang kereta api jarak jauh turun di area Daop 1 Jakarta pada puncak arus balik Lebaran 2024 yang dimulai pada 13-15 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau mempersiapkan berbagai langkah strategis untuk menyambut Lebaran 2025. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, menyampaikan kapasitas angkutan penumpang akan ditingkatkan hingga delapan persen dibandingkan periode Lebaran sebelumnya.

“Kita rencanakan kapasitas kita naikkan 8 persen, sekitar 3,8 juta kursi atau hampir 4 juta kursi untuk mudik Lebaran 2025," ujar Didiek saat konferensi pers terkait persiapan di lobi utara Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (22/1/2025).

Didiek menyampaikan calon pemudik dapat mempersiapkan diri untuk memesan tiket kereta. KAI, lanjut Didiek, membuka pemesanan tiket pada 45 hari sebelum keberangkatan.

"Penjualan tiket dimulai 45 hari sebelum keberangkatan. Jadi, 45 hari sebelum keberangkatan silakan dipesan," ucap Didiek.

Berdasarkan penelusuran Republika di laman Online Travel Agent pada Rabu (22/1/2025), masyarakat sudah dapat memesan tiket kereta untuk keberangkatan pada Sabtu (8/3/2025) atau sekitar H-22 sebelum Lebaran. Didiek menambahkan, KAI juga fokus pada peningkatan pelayanan guna mengantisipasi lonjakan penumpang melalui pengelolaan ruang tunggu untuk menghindari kepadatan di area peron.

“Kita untuk sistem itu mitigasinya, nanti kita buat ruang tunggu. Jadi nggak langsung naik ke peron. Ini bentuk adaptasi kami dalam meningkatkan pelayanan kepada para penumpang," kata Didiek.

Loading...