Instagram Luncurkan Fitur Baru untuk Pacu Kinerja Konten Kreator Reels

Instagram memperkenalkan dua metrik baru pada 2025 untuk membantu kreator Reels menganalisis dan mengoptimalkan video mereka, serta menawarkan insentif untuk menarik kreator dari TikTok.

Instagram Luncurkan Fitur Baru untuk Pacu Kinerja Konten Kreator Reels

menghadirkan inovasi baru di tahun 2025, untuk para kreator dalam mengembangkan kontennya. Setelah menjadikan "views" alias pemirsa sebagai metrik utama sejak Agustus lalu, kini Instagram menambahkan metrik baru untuk membantu kreator Reels mengoptimalkan kinerja video mereka.

Dalam unggahan resmi Instagram Creators, platform sosial media besutan Meta itu memperkenalkan dua metrik utama yang akan membantu kreator menganalisis kinerja video pendek mereka yakni:

1. Tingkat Tampilan (View Rate): Metrik ini menunjukkan persentase pengikut dan non-pengikut yang tetap menonton video setelah tiga detik pertama. Tiga detik pertama dianggap sebagai momen krusial dalam menarik perhatian penonton agar tetap menyaksikan video hingga akhir.

2. Tampilan Selama Waktu (Views Over Time): Metrik ini memberikan wawasan tentang jumlah tampilan yang diperoleh suatu reel dibandingkan dengan rata-rata tampilan dari video sebelumnya dalam jangka waktu yang sama. Kreator dapat memfilter data berdasarkan pengikut dan non-pengikut untuk memahami sumber utama audiens mereka.

Dilansir dari Social Media Today, selain metrik baru, Instagram juga akan memberikan rekomendasi berbasis data untuk membantu kreator mengoptimalkan konten mereka. Salah satunya adalah notifikasi seperti ini:

“Reel ini berkinerja sangat baik! Penayangannya meningkat 20% dibandingkan dengan rata-rata reel Anda baru-baru ini. Cobalah membuat lebih banyak konten seperti ini,”

Dengan fitur ini, kreator dapat lebih mudah mengidentifikasi tren dalam konten mereka dan menyesuaikan strategi untuk meningkatkan engagement.

Tak hanya dengan fitur baru, Instagram juga menawarkan berbagai insentif untuk menarik kreator TikTok ke platformnya. Beberapa langkah yang diambil Meta antara lain:

Bonus Besar: Instagram memberikan insentif finansial bagi kreator TikTok yang mulai mempublikasikan kontennya di Reels.
Penawaran Konten Eksklusif: Dukungan lebih untuk kreator dalam menumbuhkan komunitas mereka di Instagram.