KAI Palembang amankan 68 barang penumpang sepanjang 2024

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang melalui layanan Lost and Found berhasil mengamankan 68 ...

KAI Palembang amankan 68 barang penumpang sepanjang 2024
Dari total tersebut, keseluruhan barang yang diamankan oleh petugas KAI Divre III Palembang telah dikembalikan kepada pemiliknya dalam kondisi utuh

Palembang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang melalui layanan Lost and Found berhasil mengamankan 68 barang penumpang yang tertinggal di kereta api maupun stasiun sepanjang 2024.

Manager Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Selasa, mengatakan, barang-barang yang ditemukan meliputi makanan, minuman, tumbler, charger, jam tangan, gadget, perhiasan, dokumen penting, hingga uang tunai.

Total nilai barang yang diamankan diperkirakan mencapai Rp131,14 juta. Ini merupakan komitmen KAI dalam menjaga barang bawaan pelanggan.

"Dari total tersebut, keseluruhan barang yang diamankan oleh petugas KAI Divre III Palembang telah dikembalikan kepada pemiliknya dalam kondisi utuh," katanya.

Ia mengatakan layanan Lost and Found merupakan bagian penting dari upaya KAI untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan keamanan barang bawaan.

"Layanan ini gratis dan terbuka untuk semua pelanggan yang merasa kehilangan barang," ujarnya.

Ia menjelaskan, barang yang ditemukan di kereta atau stasiun akan diumumkan melalui pengeras suara. Jika tidak ada yang mengklaim, barang tersebut akan disimpan di Pos Pengamanan dengan label khusus dan data lengkap yang dimasukkan ke dalam Database Lost and Found.

“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, kami juga menghimbau kepada pelanggan agar berhati-hati menjaga barang bawaan nya selama berada di stasiun maupun dalam perjalanan, karena tanggung jawab utama terhadap barang pribadi tetap berada pada pelanggan itu sendiri," katanya.

Dengan sistem yang sudah terstruktur dan responsif, KAI berharap dapat meningkatkan rasa aman dan kepercayaan pelanggan dalam menggunakan transportasi kereta api.

"Layanan Lost and Found ini sejalan dengan misi KAI untuk mewujudkan transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan. Dengan kehadiran layanan ini, KAI kembali menegaskan komitmennya untuk memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa kereta api," kata Aida

Baca juga:

Baca juga:

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2025