Minat penumpang saat libur panjang di Stasiun Blitar tinggi
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daeerah Operasi 7 Madiun, Jawa Timur mengungkapkan minat penumpang kereta api memanfaatkan momen libur panjang Imlek dan Isra Miraj di Stasiun Blitar cukup tinggi.Manajer Humas PT KAI Daop 7 ...
Blitar (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daeerah Operasi 7 Madiun, Jawa Timur mengungkapkan minat penumpang kereta api memanfaatkan momen libur panjang Imlek dan Isra Miraj di Stasiun Blitar cukup tinggi.
Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Kuswardojo mengemukakan telah menyediakan total 22.716 tempat duduk untuk empat kereta api jarak jauh dengan keberangkatan dari Stasiun Blitar dan Jombang.
"Kami sediakan untuk empat kereta jarak jauh yakni Kereta Api Brantas (Blitar-Pasarsenen), Singasari (Blitar-Pasarsenen), Kahuripan (Blitar-Kiaracondong), dan Bangunkarta (Jombang-Pasarsenen)," katanya saat dikonfirmasi, Rabu.
Dia menyebut, hingga 21 Januari 2025 data mencatat bahwa tiket untuk empat kereta tersebut telah terjual sebanyak 22.637 tempat duduk atau mencapai 100 persen dari okupansi yang tersedia.
Diketahui dari jumlah tersebut, sebanyak 10.029 penumpang berasal dari wilayah Daop 7 Madiun, sementara 12.608 penumpang lainnya berasal dari luar wilayah Daop 7 Madiun.
Ia mengatakan, tingginya antusiasme masyarakat terutama terlihat pada kereta api Kahuripan (Blitar-Kiaracondong), dengan okupansi mencapai 154 persen. Tiket kereta ini telah terjual sebanyak 10.287 tempat duduk, melebihi kapasitas yang disediakan sebesar 6.678 tempat duduk.
Untuk Kereta Api Brantas (Blitar-Pasarsenen), terdapat 716 tempat duduk kelas eksekutif dan 541 tempat duduk kelas ekonomi. Kereta Api Singasari (Blitar-Pasarsenen), terdapat 648 tempat duduk kelas eksekutif dan 985 tempat duduk kelas ekonomi.
Lalu Kereta Api Bangunkarta (Jombang-Pasarsenen) terdapat 556 tempat duduk kelas eksekutif dan 982 tempat duduk kelas ekonomi.
Kendati jumlah penumpang jurusan tersebut tinggi, untuk beberapa kereta api tujuan Jakarta juga masih tetap banyak peminatnya.
Kuswardojo mengapresiasi tingginya minat masyarakat memanfaatkan moda transportasi kereta api untuk libur panjang.
"Kami mengapresiasi tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api, terutama di momen libur panjang. Untuk memberikan kenyamanan, kami terus berupaya memastikan perjalanan aman dan lancar," kata dia.
Ia mengatakan, pelanggan yang belum mendapatkan bisa memesan melalui aplikasi Access by KAI, website resmi KAI, atau mitra resmi penjualan tiket lainnya.
"Kami tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," kata dia.(*)