Ombudsman luncurkan dasbor pemantauan penyelesaian laporan masyarakat

Ombudsman RI secara resmi meluncurkan dasbor pemantauan (dashboard monitoring) penyelesaian laporan masyarakat, di ...

Ombudsman luncurkan dasbor pemantauan penyelesaian laporan masyarakat

Jakarta (ANTARA) - Ombudsman RI secara resmi meluncurkan dasbor pemantauan (dashboard monitoring) penyelesaian laporan masyarakat, di Jakarta, Kamis, yang memungkinkan pemantauan progres penyelesaian laporan masyarakat secara lebih sistematis dan transparan.

"Peluncuran dashboard ini sejalan dengan Keputusan Menteri Bappenas tentang Penetapan Data Prioritas Tahun 2024, di mana data laporan masyarakat Ombudsman telah ditetapkan sebagai bagian dari data prioritas nasional," ujar Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih seperti dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Baca juga:

Selain dasbor pemantauan penyelesaian laporan masyarakat, Ombudsman juga meluncurkan fitur pelacakan (tracking) laporan masyarakat, versi bahasa Inggris dari laman resmi Ombudsman, serta logo dan semboyan (tag line) khusus peringatan 25 Tahun Ombudsman.

Dia menyampaikan fitur pelacakan laporan masyarakat bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melacak status laporan mereka secara langsung atau real-time, sedangkan laman resmi versi bahasa Inggris diharapkan dapat mempermudah akses informasi, khususnya bagi masyarakat internasional.

Sementara logo dan semboyan baru yang diluncurkan, kata dia, mencerminkan semangat penguatan pengawasan pelayanan publik di Indonesia.

Baca juga:

Menurut Najih, semboyan untuk peringatan 25 Tahun Ombudsman, yakni Memperkuat Pengawasan, Menghadirkan Keadilan dalam Pelayanan Publik, menjadi simbol komitmen Ombudsman untuk menjalankan tugas pengawasan pelayanan publik secara profesional, independen, dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Ia pun mengapresiasi berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan sistem serta fitur yang diluncurkan, seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Satu Data Indonesia, dan Badan Pusat Statistik (BPS).

"Kolaborasi ini diharapkan terus mendukung pengelolaan data yang optimal guna meningkatkan kualitas pelayanan publik," ungkapnya.

Dirinya menilai acara peluncuran tersebut menegaskan komitmen Ombudsman dalam menyediakan layanan publik yang efektif, transparan, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Dengan semangat inovasi, sambung dia, Ombudsman akan terus memperkuat pengawasan guna memastikan keadilan dalam pelayanan publik.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Rangga Pandu Asmara Jingga
Copyright © ANTARA 2025