Pelanggan KA PSO Sumut terus meningkat 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre Sumatera Utara I melalui layanan Kereta Api Public Service Obligation (PSO) terus ...

Pelanggan KA PSO Sumut terus meningkat 

Medan (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre Sumatera Utara I melalui layanan Kereta Api Public Service Obligation (PSO) terus berupaya memberikan yang terbaik, yakni dengan menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan ekonomis sehingga pelanggan terus meningkat.

"Pelanggan KA PSO Sumut terus meningkat. Sepanjang 2024, total pelanggan KA PSO di wilayah kami mencapai 1.776.367 penumpang, yakni mengalami kenaikan 28 persen ketimbang periode 2023 sebanyak 1.388.350 penumpang," kata Manajer Humas KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin di Medan, Kamis.

Sementara itu, selama Januari 2025, jumlah pelanggan KA PSO di Sumut tercatat 161.191 penumpang atau mengalami kenaikan 4 persen ketimbang periode Januari 2024 sebanyak 155.231 penumpang.

"Angka tersebut tentunya menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap layanan kereta ekonomi bersubsidi yang tetap memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan," katanya.

PT KAI Divre Sumatera Utara I terus berkomitmen menghadirkan layanan transportasi yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat Sumut, salah satunya melalui berbagai layanan Kereta Api PSO atau bersubsidi.

Ia mengatakan layanan kereta api PSO merupakan bagian dari upaya KAI dalam mendukung perekonomian rakyat dengan menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan ekonomis.

Sebagai bentuk pelayanan publik yang sejalan dengan Asta Cita, KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub tetap menyediakan sejumlah kereta api PSO jarak jauh dengan tarif yang terjangkau di berbagai rute di Jawa dan Sumatera, termasuk Sumut.

Ia mengatakan layanan kereta api PSO merupakan bagian dari upaya KAI dalam mendukung perekonomian rakyat dengan menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan ekonomis.

"Kereta api ekonomi bersubsidi ini memberikan akses mobilitas yang lebih luas bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan moda transportasi yang efisien dan hemat biaya. KAI terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan agar masyarakat dapat menikmati perjalanan yang berkualitas,” ujar Anwar.

Sebagai bagian dari pelayanan publik, KAI dan DJKA tetap mengoperasikan beberapa KA PSO jarak jauh dan dekat dengan harga yang sangat terjangkau di berbagai rute wilayah Sumut, yakni KA Putri Deli (Medan-Tanjung Balai PP), KA Siantar Ekspres (Medan-Siantar PP) dan KA Datuk Belambangan (Tebing Tinggi-Lalang PP).

Anwar mengatakan dengan adanya KA PSO, masyarakat dari berbagai lapisan ekonomi dapat menikmati layanan transportasi yang andal dan nyaman. Tidak hanya itu, keberadaan KA PSO juga mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang dilaluinya serta membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar.

"Selain itu, KA PSO juga memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat luas. Dengan tarif yang lebih murah, pelajar, pekerja, dan pelaku usaha kecil dapat bepergian dengan lebih hemat sehingga dapat mengalokasikan anggaran mereka untuk kebutuhan lain. Ketersediaan kereta ekonomi yang berkualitas juga menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong penggunaan transportasi massal yang lebih ramah lingkungan," katanya.

Sebagai wujud komitmen terhadap keberlanjutan dan inklusivitas, KAI akan terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan.

KAI juga akan memastikan bahwa setiap perjalanan kereta api tidak hanya mengutamakan aspek keselamatan dan kenyamanan, tetapi juga berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang lebih merata.

Dengan semangat Asta Cita, KAI berupaya menjadikan layanan transportasi yang lebih inklusif, berdaya saing, dan berorientasi pada kepentingan masyarakat luas.

Melalui KA PSO, KAI tidak hanya menyediakan layanan transportasi yang terjangkau, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Baca juga:

Baca juga:

Pewarta: Juraidi
Editor: Iskandar Zulkarnaen
Copyright © ANTARA 2025