KAI: Hari Pertama KA Batavia, 136 Tiket Ludes Terjual

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut KA Batavia menggantikan layanan KA Manahan Tambahan yang sebelumnya beroperasi sejak Februari 2024

KAI: Hari Pertama KA Batavia, 136 Tiket Ludes Terjual

TEMPO.CO, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau Daerah Operasi 1 Jakarta resmi mengoperasikan KA Batavia, kereta api baru yang melayani rute Gambir – Solo Balapan. Pada hari pertama perjalanan, Kamis, 6 Februari 2025, antusiasme masyarakat terlihat dengan terjualnya 136 dari total kapasitas 488 kursi.

Executive Vice President (EVP) KAI Daop 1 Jakarta Yuskal Setiawan menyebut kehadiran KA Batavia sebagai langkah KAI dalam menyediakan alternatif yang lebih nyaman dan efisien. "KA Batavia hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan perjalanan yang lebih berkualitas. Antusiasme masyarakat di hari pertama ini menunjukkan bahwa layanan ini memang dinantikan," kata Yuskal, Kamis, 6 Februari 2025.

KA Batavia menggantikan layanan Manahan Tambahan yang sebelumnya beroperasi sejak Februari 2024. Nama "Batavia" dipilih sebagai penghormatan terhadap sejarah Jakarta. Peluncuran ini juga merupakan bagian dari implementasi Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 yang bertujuan meningkatkan konektivitas dan kenyamanan perjalanan.

KA Batavia berangkat dari Stasiun Gambir pukul 09.35 WIB dan tiba di Solo Balapan pukul 18.00 WIB. Dengan kapasitas 488 tempat duduk, kereta api ini menyediakan dua kelas: Eksekutif (200 kursi) dan Ekonomi (288 kursi). Perjalanan ini melewati 11 stasiun, termasuk Bekasi, Cirebon, Purwokerto, dan Yogyakarta.

Harga tiket KA Batavia dipatok mulai Rp 350 ribu untuk kelas Ekonomi dan Rp 530 ribu untuk kelas Eksekutif, dengan skema Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB). Hingga Minggu, 9 Februari 2025, total tiket yang telah terjual mencapai 272 kursi.

Untuk tahap awal, KA Batavia akan beroperasi secara fakultatif setiap Kamis hingga Minggu. KAI mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau mitra resmi guna mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan efisien.

"Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Masyarakat bisa mengakses informasi lebih lanjut melalui Contact Center 121, WhatsApp, atau media sosial resmi KAI," ujar Yuskal.