Kenalkan 5 ritual makan sehat, abon tongkol milik nasabah PNM ini sukses menarik perhatian pembeli
Pengusaha ultra mikro asal Tarogong Kidul Garut, Ida Ridawati merasakan antusias masyarakat saat dirinya berhasil ...
Jakarta (ANTARA) - Pengusaha ultra mikro asal Tarogong Kidul Garut, Ida Ridawati merasakan antusias masyarakat saat dirinya berhasil mengembangkan jenis abon dari ikan tongkol.
Ida merasa abon jenis ini masih belum banyak ditemui di pasaran dan rasanya memang khas dan banyak disukai oleh semua kalangan.
Ida yang juga nasabah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah memulai usahanya sejak 2018. Saat ini, produknya telah diakui dengan keluarnya hak kekayaan intelektual dan juga sertifikasi halal.
“Merk abon saya ini Twinnietwoes karena kebetulan anak saya kembar sehingga terinspirasi menggunakan nama yang mengandung arti kembar dan alhamdulillah lolos,” ujar Ida.
Awalnya ia merasakan kesulitan memasarkan produknya, tetapi setelah kemasannya diperbaiki serta dokumen perizinan usahanya juga sudah diurus, orang-orang mulai percaya abon tongkol Twinnietwoes sehat dan halal.
“Salah satu yang membuat abon tongkol kita dikenal luas oleh masyarakat adalah cara kita mengenalkan ritual makan sehat ala abon tongkol. Kita cantumkan 5 ritual makan sehat yang pertama cuci tangan, lalu baca doa, selanjutnya makan pakai tangan kanan, makan bersama orang terdekat dan repeat order. Ternyata ini cukup efektif untuk mengenalkan ikan tongkol kita,” papar Ida.
Ia merasa berterima kasih atas bantuan PNM dalam membantu mengembangkan kemasan produk menjadi lebih menarik serta membantu pemasaran produk abon tongkol miliknya.
Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengapresiasi nasabah PNM Mekaar yang aktif dan kreatif seperti Ibu Ida. Bagi Arief, usaha rumah tangga memiliki potensi besar untuk bisa menembus pasar nasional dan internasional jika mau berupaya lebih.
“Mental ibu-ibu pengusaha rumahan ini perlu terus dibangun agar tumbuh rasa percaya diri dan optimis bahwa usahanya bisa bersaing bahkan sampai ekspor. Itulah pentingnya membangun jejaring usaha supaya saling sinergi, berbagi inspirasi dan menghasilkan kreatifitas yang menarik perhatian publik,” jelas Arief.
Arief menambahkan, komitmen PNM dalam membantu naik kelasnya usaha rumah tangga tercermin dari pemberian modal bukan hanya finansial, tetapi juga intelektual dan sosial guna memberi nilai tambah.
Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2025