RI catat transaksi potensial senilai Rp75,3 M di FITUR 2025, Spanyol

Kedutaan Besar RI (KBRI) Madrid, Spanyol, menyatakan Indonesia berhasil mencatat transaksi potensial senilai 4,6 juta ...

RI catat transaksi potensial senilai Rp75,3 M di FITUR 2025, Spanyol

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI (KBRI) Madrid, Spanyol, menyatakan Indonesia berhasil mencatat transaksi potensial senilai 4,6 juta US dolar (Rp75,3 miliar) pada pameran Feria Internacional de Turismo (FITUR) 2025, meningkat 50 persen dibandingkan FITUR 2024.

Menurut keterangan tertulis KBRI Madrid yang diterima di Jakarta, Selasa, Indonesia berpartisipasi dalam pameran pariwisata terbesar di dunia, Feria Internacional de Turismo (FITUR) 2025 di Madrid, Spanyol, pada 22-26 Januari 2025.

Duta Besar RI untuk Spanyol, Muhammad Najib, mengatakan bahwa meningkatnya transaksi serta penjualan paket destinasi Indonesia sejalan dengan pertumbuhan wisatawan Spanyol ke Indonesia, yang naik 46 persen dari 2023 ke 2024.

Tren positif tersebut juga didukung oleh semakin meningkatnya minat wisatawan berbahasa Spanyol, terutama dari AS, Meksiko, Kolombia, Kosta Rika, Argentina, dan Peru, untuk menjelajahi keindahan Indonesia.

Selain promosi pariwisata, Paviliun Indonesia juga memperkenalkan produk ekspor unggulan seperti kopi ‘Incapto’ dengan biji single origin dari Sumatra, mie instan Indomie, dan permen rasa kopi, Kopiko.

Paviliun Indonesia juga menampilkan pertunjukan seni budaya Nusantara, antara lain Tari Merak dari Jawa, Tari Kenung Merah dari Betawi, dan Tari Tor-Tor dari Batak, yang dibawakan oleh pelajar Indonesia serta seniman Spanyol alumni beasiswa Darmasiswa.

Selain itu, Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata Zita Anjani menjadi tamu kehormatan Paviliun Indonesia dan menyampaikan strategi pengembangan pariwisata Indonesia pada seminar promosi pariwisata yang dihadiri oleh calon investor, media serta mahasiswa Spanyol.

Pada pameran tersebut, Paviliun Indonesia berhasil mencatatkan 1.034 pertemuan bisnis antara peserta pameran (eksibitor) dari Indonesia dengan mitra profesional dan berhasil menarik perhatian sekitar 3.300 pengunjung.

Paviliun Indonesia dalam FITUR 2025 membawakan tema “Kolase Nusantara” yang tercermin pada photowall bertema budaya dan wisata Indonesia karya fotografer ternama Hendro Hioe.

Paviliun Indonesia menghadirkan 11 agensi travel yang mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia, baik kepada para pelaku usaha melalui skema kerja sama business-to-business (B2B) dan calon wisatawan melalui business-to-customers (B2C).

Target pasar utama dari promosi tersebut merupakan mitra dan wisatawan dari kawasan Eropa dan Amerika Latin.

FITUR 2025 merupakan pameran pariwisata internasional tahunan di Madrid, Spanyol, yang kali ini mencatat partisipasi 9.500 perusahaan dari 156 negara, dihadiri sekitar 155 ribu pelaku usaha dan 100 ribu pengunjung umum.

Baca juga:

Baca juga:

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2025