Jabar-Garut mulai terapkan E-Office untuk efisienkan pelayanan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Garut mulai menerapkan sistem E-Office untuk ...

Jabar-Garut mulai terapkan E-Office untuk efisienkan pelayanan

Garut, Jawa Barat (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Garut mulai menerapkan sistem E-Office untuk mengoptimalkan dan mengefisienkan pengelolaan administrasi maupun pelayanan perizinan yang lebih modern dan cepat.

"Dengan adanya sistem E-Office ini, seluruh proses administrasi di DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Garut akan lebih terintegrasi dan efisien," kata Pelaksana Tugas Kepala DPMPTSP Kabupaten Garut Budi Gan Gan Gumilar saat penandatanganan kerja sama dengan DPMPTSP Provinsi Jawa Barat di Garut, Jabar, Kamis.

Budi yang menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemkab Garut itu menyampaikan, perjanjian kerja sama dengan Provinsi Jawa Barat sebagai upaya meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan publik.

Penerapan E-Office itu, kata Budi, bertujuan mengoptimalkan pengelolaan administrasi dan layanan perizinan yang berbasis digital, sehingga pelayanan bagi masyarakat dan juga investor semakin lebih baik.

Ia berharap setelah diterapkannya sistem aplikasi E-Office yang terintegrasi dengan Provinsi Jawa Barat itu merupakan langkah strategis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih modern, cepat, dan akuntabel.

"Kami berharap kerja sama ini dapat mempercepat transformasi digital dalam pelayanan perizinan dan investasi di Kabupaten Garut," kata Budi.

Perwakilan dari DPMPTSP Provinsi Jawa Barat Boyke Tristiadi menyatakan penerapan E-Office di berbagai kota/kabupaten, termasuk saat ini Kabupaten Garut sebagai langkah memberikan dampak positif dalam meningkatkan efektivitas kerja aparatur.

Sistem E-Office, kata dia, merupakan sistem digital yang mencakup pengelolaan surat-menyurat, manajemen dokumen, serta sistem persuratan yang semuanya berbasis digital atau daring, sehingga bisa lebih cepat.

"Memungkinkan setiap proses administrasi dilakukan dengan lebih cepat dan terdokumentasi dengan baik," katanya.

Ia menambahkan sistem E-Office tersebut dapat mengurangi penggunaan kertas, kemudian lebih meningkatkan akurasi data, sehingga nantinya bisa mempercepat pengambilan keputusan dalam setiap layanan perizinan.

Setelah adanya perjanjian kerja sama ini, lanjut dia, jajaran pegawai DPMPTSP Kabupaten Garut selanjutnya mengikuti pelatihan untuk mengimplementasikan E-Office agar bisa berjalan optimal.

Selanjutnya, kata dia, akan dilakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan sistem ini dapat diterapkan secara efektif, dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan dunia usaha di Kabupaten Garut.

"Penerapan E-Office di DPMPTSP Kabupaten Garut diharapkan dapat menjadi model bagi instansi lain dalam mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik di daerah," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2025