Pertanahan dan Pemda Jadi Sektor dan Instansi Paling Banyak Dilaporkan ke Ombudsman Selama 2024

Ombudsman RI memaparkan adanya peningkatan pelaporan masyarakat terhadap layanan pemerintahan sepanjang tahun 2024

Pertanahan dan Pemda Jadi Sektor dan Instansi Paling Banyak Dilaporkan ke Ombudsman Selama 2024

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - memaparkan adanya peningkatan pelaporan masyarakat terhadap layanan pemerintahan sepanjang tahun 2024.

Adapun laporan masyarakat pada tahun tersebut sebesar 10.846 aduan. 

Angka tersebut naik 28 persen jika dibanding tahun 2023.

"Dari total 10.846 laporan tersebut, terdiri dari laporan masyarakat, kemudian identifikasi atas prakarsa sendiri, jumlah ini menunjukkan kenaikan sebesar 28 persen dari tahun sebelumnya," kata Ketua di Kantor , Jakarta, Rabu (22/1/2025).

Najih mengatakan, laporan masyarakat atas layanan pemerintah paling tinggi terjadi di 10 sektor, di antaranya , kepegawaian, pendidikan, perhubungan, hak sipil dan politik, administrasi, polisi, pedesaan, dan kesejahteraan.

Berikut rincian persentase laporan dari kategori sektor:

  • sektor : 1.865 laporan( 17,17%)
  • sektor kepegawaian: 1.353 laporan (12,45%)
  • sektor pendidikan: 1.039 laporan (9,56%)
  • sektor perhubungan: 726 laporan (6,68%)
  • sektor hak sipil dan politik: 685 laporan (6,31%)
  • sektor administrasi: 648 laporan (5,96%)
  • sektor kepolisian: 624 laporan (5,74%)
  • sektor pedesaan: 401 laporan (3,69%)
  • sektor kesejahteraan: 388 laporan (3,57%)
  • sektor kesehatan: 325 laporan (2,99%)

Sementara itu, Najih menambahkan mengatakan, instansi terlapor terbanyak didominasi oleh pemerintah daerah hingga peradilan. 

Berikut rinciannya:

  • pemerintah daerah : total aduan 4.976 (45,88%)
  • badan pertanahan: 1.257 (11,59%)
  • BUMN/BUND: 680 (6,27%)
  • lembaga pemerintah: 643 (5,93%)
  • kepolisian: 482 (4,44%)
  • instansi pemerintah: 356 (3,28%)
  • perbankan: 259 (2,39%)
  • rumah sakit: 240 (2,21%)
  • badan pemerintah: 163 (1,50%)
  • lembaga peradilan: 162 (1,49%)

"Para pelapor lebih banyak ini yang menyampaikan laporan tersebut lewat Ombudsman on the spot," kata Najih.

Najih menyebut, realisasi penutupan laporan pada 2024 mencapai 10.768 (111,33%) dari target 9.672. 

Laporan yang ditutup tidak hanya laporan yang teregistrasi di 2024, tetapi juga laporan masyarakat di tahun sebelumnya.