Kunci Jawaban SKI Kelas 8 Halaman 105 Kurikulum Merdeka Bab 4: Diskusi Kelompok

Berikut ini kunci jawaban SKI Kelas 8 Halaman 105 Kurikulum Merdeka Bab 4: Diskusi Kelompok.

Kunci Jawaban SKI Kelas 8 Halaman 105 Kurikulum Merdeka Bab 4: Diskusi Kelompok

TRIBUNNEWS.COM - Berikut (SKI) kelas 8 halaman 105 . 

Halaman tersebut, terdapat pada Bab 4 yang berjudul Pemimpin Besar dan Ilmuwan Islam Masa Daulah Ayyubiyah. 

Pada halaman 105, siswa diminta untuk mengerjakan soal Diskusi Kelompok. 

Kunci jawaban SKI Kelas 8 Halaman 105

Baca juga:

  1. Coba bandingkan proses berdirinya Daulah Ayyubiyah dengan Daulah Abbasiyah!
  2. Bandingkan Kepemimpinan Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi dengan kepemimpinan Sultan Al-Adil Saifuddin, dan Sultan Al-Kamil Muhammad!
  3. Bandingkan bentuk kegemilangan kekuasaan Daulah Ayyubiyah dengan Daulah Abbasiyah!
  4. Apa pengaruh kepemimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi dalam membawa kemajuan Daulah Ayyubiyah?
  5. Apa nilai-nilai keteladanan dari para penguasa Ayyubiyah yang terkenal?

Kunci Jawaban

1.  Daulah Ayyubiyah didirikan oleh Salahuddin Al-Ayyubi, sedangkan Daulah Abbasiyah didirikan dengan menyebarkan propaganda dan menghimpun kekuatan militer.  

  • Daulah Ayyubiyah
    -Didirikan oleh Salahuddin Al-Ayyubi, yang juga dikenal sebagai Saladin  
    -Salahuddin lahir pada tahun 1137 di Tikrit, Irak  
    -Salahuddin awalnya melayani dalam pasukan tentara Dinasti Zengid di Suriah  
    -Faktor pendukung berdirinya Daulah Ayyubiyah adalah kemunduran Dinasti Fatimiyah  
    -Kemunduran Dinasti Fatimiyah disebabkan oleh perebutan Wazir di antara para suku yang ada di dalam kerajaan  
    -Dinasti Ayyubiyah memperoleh kekuasaan karena adanya serangan tentara salib terhadap negara Islam  
  • Daulah Abbasiyah
    -Didirikan dengan menyebarkan propaganda melalui jaringan rahasia  
    -Didirikan dengan menghimpun kekuatan militer demi menghancurkan kekuatan Bani -Umayyah  
    -Faktor-faktor yang mempengaruhi berdirinya Daulah Abbasiyah adalah: Persaingan memperebutkan Kursi Kepemimpinan  
    -Konflik Politik di Masa Pemerintahan Sebelumnya  
    -Pendeknya Masa Jabatan Khalifah Bani Umayyah  
    -Pertentangan Etnis  
    -Kehidupan Mewah dan Kurangnya Perhatian dalam Perkembangan Agama  
    -Hilangnya Kepercayaan Rakyat

2. Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi adalah pendiri Dinasti Ayyubiyah, sedangkan Sultan Al-Adil Saifuddin adalah adiknya dan khalifah keempat Dinasti Ayyubiyah.  

  • Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi  
    Mendirikan Dinasti Ayyubiyah
    Mengalahkan pasukan salib
    Menyatukan Mesir, Syria, Mesopotamia, dan Yaman
    Menghapus jejak Syi'ah yang dibawa Dinasti Fatimiyah di Mesir
    Mengganti mazhab Syi'ah dengan mazhab Sunni
    Memajukan pendidikan Islam
  • Sultan Al-Adil Saifuddin  
    Memerintah Mesir dan Suriah dari tahun 1200 hingga 1218
    Dijuluki Pedang Iman atau Sayf ad-Din
    Mengikuti pamannya melakukan ekspansi militer ke Mesir
    Memadamkan pemberontakan orang-orang kristen koptik di wilayah Qift, Mesir
    Menjadi gubernur Aleppo (1183–1186)
    Mengelola Mesir selama Perang Salib Ketiga (1186–1192)
    Menjadi gubernur Damaskus setelah kematian Saladin

3. Kegemilangan Daulah Ayyubiyah merupakan bagian dari kegemilangan peradaban Islam.

Daulah Ayyubiyah mengalami perkembangan pesat di berbagai bidang, termasuk pendidikan.  

Daulah Ayyubiyah  
Didirikan oleh Salahuddin Al-Ayyubi pada tahun 1171
Dipimpin oleh dinasti Muslim Sunni keturunan etnis Kurdi
Berkuasa antara abad ke-12 hingga abad ke-13
Kegemilangan peradabannya merupakan bagian dari kegemilangan peradaban Islam
Mengalami perkembangan pesat di berbagai bidang, termasuk pendidikan

Sementara kegemilangan kekuasaan Daulah Abbasiyah, terlihat dari masa keemasannya, yaitu perkembangan ilmu pengetahuan dan filsafat, serta luasnya wilayah kekuasaan. 

4. Kepemimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi membawa kemajuan Daulah Ayyubiyah dalam berbagai bidang, termasuk pertempuran, ekspansi wilayah, pembangunan, dan pendidikan. 

5. Salahuddin Al-Ayyubi, pendiri Dinasti Ayyubiyah, menunjukkan nilai-nilai keteladanan dalam kepemimpinan dan pendidikan.

Nilai-nilai keteladanan tersebut antara lain: Kepemimpinan yang adil dan berwawasan jauh, Pendidikan keteladanan yang membentuk karakter dan moralitas siswa, Pendekatan holistik dalam pendidikan. 

Disclaimer:

  • Kunci jawaban SKI di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak.
  • Sebelum melihat , pastikan anak mengerjakan sendiri terlebih dahulu.

(Tribunnews.com/Rinanda)